Sukses

Golkar Pastikan Pemilihan Komjen Syafruddin Jadi Menpan-RB Tak Berbau Politis

Sekjen Golkar Lodewijk Freidrich Paulus menepis anggapan pelantikan Komjen Syafruddin sebagai Menpan-RB berbau politis.

Liputan6.com, Jakarta - Sekjen Golkar Lodewijk Freidrich Paulus menepis anggapan pelantikan Komjen Syafruddin sebagai Menpan-RB berbau politis. Dia mengatakan anggapan publik soal pengamanan suara Jokowi di level aparatur sipil negara jelang Pilpres 2019 tidak dapat dibenarkan.

"Sebenarnya jangan berhitung seperti itu lah ya. Kalau basis suara. Berapa sih basis suara? Di TNI dan polisi, kan tidak banyak," kata Lodewijk di Posko Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (15/8/2018).

Menurut dia, keputusan Jokowi memilih jenderal bintang tiga tersebut sebagai Menpan-RB sudah sangat matang. Syafruddin dinilai cakap mengatur sumber daya manusia (SDM) dengan pengalamannya sebagai polisi.

"Kalau Pak Jokowi sudah memilih beliau, beliau sudah menghitung kompetensinya, pengalaman beliau sebagai wakapolri, karena salah satu tugas seorang wakapolri ya mengatur direktur SDM. Kira-kira kalau kita bawa bernegara ya sama," jelas dia.

Lebih jauh, pensiunan militer ini menegaskan tidak akan ada kecemburuan sosial di tengah partai koalisi. Dia menilai, hal itu hanya isu di tengah keputusan pribadi Presiden dalam waktu yang singkat.

"Yang cemburu harus siapa? Saya pikir tidak, karena waktunya sudah sangat pendek, dicari figur yang memang sudah paham tentang SDM. Istilahnya dengan waktu yang sempit ini, beliau harus langsung running. Saya pikir pertimbangan Pak Jokowi menunjuk sosok wakapolri, saya pikir sudah tepat," ujar Lodewijk soal pelantikan Menpan-RB yang baru.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hanya Lantik Syafruddin

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik Wakapolri Komjen Polisi Syafruddin menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) pukul 10.00 WIB di Istana Negara. 

Kepastian tersebut diungkapkan oleh Ketua Tim Ahli Wakil Presiden Sofjan Wanandi. "Iya itu Syafruddin, sudah fix. Akan dilantik jam 10 ini," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Rabu (15/8/2018).

Sofjan mengungkapkan, tidak ada menteri lain di dalam Kabinet Kerja yang akan dirombak oleh Presiden Jokowi. Pelantikan hanya untuk jabatan Menteri PANRB menyusul pemunduran diri Asman Abnur dari jabatan tersebut.‎

"Cuma satu menteri saja, (Untuk Menteri PANRB saja?) Iya, tidak ada yang lain. (Sudah pasti Syafruddin?) Sudah pasti," tandas dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.