Sukses

Pengakuan Jambret yang Tewaskan Penumpang Ojek: Pekerjaan Utama Sopir Angkot

Sandi melanjutkan, lokasi yang dipilih hanyalah Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Alasannya karena situasi sangat mendukung.

Liputan6.com, Jakarta - Pelaku penjambretan yang menewaskan seorang perempuan penumpang ojek online bernama Warsilah (37), akhirnya menyerahkan diri ke polisi pada Minggu, 8 Juli 2018. Pelaku bernama Sandi Haryanto, 27 tahun. 
 
Di depan awak media, Sandi Haryanto mengaku profesi utamanya adalah sopir angkot Mikrolet M53 Jurusan Terminal Pulo Gadung - Kota. 
 
Karena terhimpit ekonomi, dia beralih profesi menjadi penjambret. Tercatat sudah delapan kali dia beraksi.
 
"Tujuannya ambil barang-barang untuk kebutuhan sehari-hari, lalu membiayai orangtua saya di kampung. Sisanya untuk bayar tunggakan setoran," ujar dia.
 
Adapun waktunya beraksi antara jam 06.00 hingga 08.00 pagi. "Mulainya sejak Lebaran kemarin, Bang. Seminggu biasanya tiga kali jambret," ungkap dia.
 
Sandi melanjutkan, lokasi menjambret yang dipilih hanyalah Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Alasannya karena situasinya sangat mendukung.  
 
"Situasi jalan di Cempaka Putih sepi. Dari situ sampai jalan layang saja, karena jalanannya sepi," ungkap dia.
 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Siapa pun Bisa Jadi Target

Sementara itu, Wakapolres Metro Jakarta Pusat Ajun Komisaris Besar Arie Ardian mengungkap bagaimana Sandi Haryanto mencari mangsa. Dia mengatakan, pelaku tidak mempunyai target khusus. Siapa pun bisa menjadi korbannya.

"Pelaku keliling terus melihat dan membuntuti korbannya. Di mana ada korban yang membawa tas mudah untuk diambil," ujar dia.

Sejauh ini, ada dua lokasi favorit tempat pelaku menjambret. "Wilayah operasi tersangka berada di Jakarta Timur dan Jakarta Pusat. Ini terus kami kembangkan lagi," ujar Arie.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.