Sukses

Top 3 News Hari Ini: Anies Tolak Lapor KPK terkait Hadiah Ulama Ghana

Top 3 news hari ini, Rencananya, Anies akan menyimpan semua hadiah itu di Balai Kota dan akan menjadi inventaris Pemprov.

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 news hari ini, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan merespons permintaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) agar dirinya melaporkan hadiah pemberian ulama Ghana. 

Dengan tegas, Anies menolak melapor. Dia berdalih pemberian tersebut bukan untuk pribadi, melainkan untuk Gubernur DKI Jakarta.

Rencananya, Anies akan menyimpan semua hadiah itu di Balai Kota dan akan menjadi inventaris Pemprov.

Kabar lain yang tak kalah menyita perhatian di Liputan6.com, soal fenomena suhu dingin yang menyelimuti beberapa daerah di Tanah Air, sseperti Bandung, Sukabumi, Malang, dan Dieng. Perubahan tersebut dikaitkan dengan fenomena aphelion. 

Deputi Bidang Meteorologi, Mulyono Prabowo menjelaskan, suhu udara dingin merupakan fenomena alamiah. Di saat wilayah Indonesia tengah memasuki kemarau, menyebabkan seolah aphelion memiliki dampak yang ekstrem terhadap penurunan suhu di Indonesia

Sementara itu, gempa 4,1 skala Richter (SR) yang menguncang Lebak, Banten, getarannya dirasakan hingga Ibu Kota.

Berikut berita terpopuler dalam Top 3 News Hari Ini:

1. KPK Minta Anies Baswedan Segera Laporkan Hadiah dari Ulama Ghana

Gubernur Jakarta Anies Baswedan (Ist)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerima sebuah tongkat dengan ukiran harimau di atasnya, kopiah, syal, dan dua kemeja khas Ghana dari seorang pendakwah bernama Muhammad Harun.

Terkait hal itu, Wakil Ketua KPK Saut Situmorang minta segera melaporkan hadiah tersebut. Setelah Anies melaporkan hadiah-hadiah itu, pihaknya akan menentukan apakah barang dari ulama Ghana tersebut ditetapkan sebagai milik negara atau tidak. 

Sebagai informasi, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menolak melaporkan hadiah dari ulama Ghana ke Lembaga Antirasuah.

Selengkapnya...

2. Fenomena Aphelion Pengaruhi Suhu Dingin di Indonesia? Ini Penjelasan BMKG

Cuaca di Indonesia (Sumber: Situs BMKG)

Menurut Deputi Bidang Meteorologi, Mulyono Prabowo, suhu udara dingin merupakan fenomena alamiah yang biasa terjadi di bulan-bulan puncak musim kemarau yang terjadi pada Juli hingga Agustus. 

Berdasarkan pengamatan BMKG di seluruh wilayah Indonesia selama 1 hingga 5 Juli 2018, suhu udara kurang dari 15 derajat Celsius tercatat di beberapa wilayah yang seluruhnya memang berada di dataran tinggi. Seperti Ruteng (NTT), Wamena (Papua), dan Tretes (Pasuruan).

Sebenarnya, apa fenomena aphelion ini?

Selengkapnya...

3. Gempa Goyang Lebak Banten, Getaran Dirasakan hingga Jakarta

Ilustrasi Gempa Bumi (iStockphoto)

Gempa berkekuatan 4.1 skala Richter (SR) mengguncang Lebak, Banten, pada pukul 12.25 WIB, Sabtu (7/7/2018). Sumber gempa berada di kedalaman 5 kilometer. 

Lindu tersebut bahkan dirasakan hingga Jakarta.

"Berasa gempa. Lantai bergoyang-goyang ke kiri kanan. Terasa di kaki," kata Yus, salah satu karyawan swasta di kawasan Menteng.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.