Sukses

Komjen Iriawan Sempat Kaget Ditunjuk Jadi Penjabat Gubernur Jabar

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Utama Lemhannas Komjen Pol Mochamad Iriawan resmi dilantik sebagai Penjabat Gubernur Jawa Barat. Dia mengaku mendapat kabar penunjukannya pada H+2 lebaran ketika berada di Surabaya.

"Di kasih tahu pas lebaran kedua, pukul 20.00 WIB ketika silaturahmi dengan besan di Surabaya. (Saya) Kaget, langsung pulang ke Jakarta," kata dia, Senin (18/6/2018).

Iriawan pun berjanji menjawab kepercayaan sebagai penjabat gubernur Jawa Barat dengan baik. Ia menilai, sebagai prajurit dan bhayangkara sejati, apapun yang diperintahkan negara akan dilaksanakan dengan maksimal.

Ia mengungkapkan, alasan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menunjuknya sebagai penjabat Gubernur Jabar karena tidak terlepas dari faktor pernah menjadi Kapolda Jabar. Dengan kata lain, Iriawan dianggap kenal dengan kultur Jabar.

"Pesan beliau laksanakan tugas dengan tanggung jawab, karena pernah jadi Kapolda Jabar dan beliau tahu saya dibesarkan di Jawa Barat," terangnya.

M Iriawan resmi dilantik sebagai Penjabat Gubernur Jawa Barat, mengisi kekosongan Ahmad Heryawan yang memasuki masa pensiun. Pelantikan dilakukan di Gedung Merdeka, Jalan Asia-Afrika Kota Bandung oleh Mendagri, Tjahjo Kumolo, Senin 18 Juni 2018.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 2 halaman

Surat Keputusan Presiden

Dalam acara yang dihadiri ratusan pejabat di Jawa Barat itu, Tjahjo membacakan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 106/b Tahun 2018.

Tjahjo dalam acara itu membacakan sumpah yang kemudian diikuti oleh Iriawan. Ia berjanji akan bekekerja sebagai penjabat gubernur Jawa Barat dengan baik.

"Demi Allah saya bersumpah, akan memenuhi kewajiban saya, sebagai penjabat Gubernur Jawa Barat dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh UUD 1945 dan menjalankan segala UU dan peraturannya dengan segala selurus-lurusnya, serta berbakti kepada masyarakat nusa dan bangsa," kata Iriawan mengikuti kata-kata Tjahjo.

Tjahjo juga membacakan naskah pelantikan Presiden resmi melantik Iriawan.

"Berdasarkan Keppres 106/b/tahun 2018 pada 8 Juni 2018, saya percaya bahwa saudara akan menjalankan tugas sebaik-baiknya yang diberikan," kata Tjahjo.

Berdasarkan surat tersebut pun, Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar yang menjabat sebagai Gubernur dan wakil Gubernur Jawa Barat periode 2013-2018 diberhentikan dengan hormat dan disertai ucapan terima kasih. 

 

Reporter : Aksara Bebey

Sumber: Merdeka.com