Sukses

Kemenhub: Pemudik yang Gunakan Transportasi Umum Naik

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Djoko Sasono menyebut pemudik Lebaran 2018 banyak yang beralih ke moda transportasi udara dibandingkan mudik tahun-tahun sebelumnya.

"(Pengguna jasa) penerbangan yang masih tinggi," ujar Djoko di Stasiun Pasar Turi, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (12/6/2018).

Dia mengatakan, pengguna jasa kereta api mapun kapal menurun dibanding pengguna jasa penerbangan. Meski begitu, jumlah pemudik yang menggunakan jasa transportasi umum di tahun ini meningkat sekitar lima persen.

"Secara totalnya (kenaikan) sekitar lima persen. Tapi di situ ada juga yang naik misalnya penerbangan, tetapi kereta api turun dan laut turun," kata Djoko.

Meski pemudik yang menggunakan jasa transportasi umum meningkat, tak terjadi penumpukan penumpang seperti tahun sebelumnya. Menurut Djoko ini karena pemudik mulai pandai menyiasati waktu keberangkatan.

"Menariknya walaupun meningkat, kita mendapatkan pelajaran, bahwa masyarakat sangat cerdas bisa memilih untuk mudiknya di hari-hari yang cocok yang tidak terjadi penumpukan yang ekstrem," jelas dia.

Namun begitu, dia mengingatkan bahwa arus mudik masih berlangsung dan tetap harus diwaspadai kemungkinan terjadinya berbagai halangan.

"Alhamdulillah kita berterima kasih dengan keadaan itu, dan tentunya kita waspada untuk mengamati ini. Jadi kita masih punya beberapa hari sebelum hari H, untuk mengantisipasi adanya lonjakan arus mudik," pungkas Djoko.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini: