Sukses

3 Hal yang Perlu Dicatat Pemudik dengan Kereta Api

Dua stasiun di jakarta sudah mulai dipadati pemudik yang menggunakan moda kereta api untuk pulang kampung.

Liputan6.com, Jakarta - Pemudik yang menggunakan kereta api mulai memadati dua stasiun yang melayani rute luar kota, yaitu Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen.

Kepala Stasiun Gambir Rizki Afrida mengingatkan kepada para pemudik untuk menyiapkan tiket keretanya sebelum keberangkatan kereta.

"Untuk pemudik yang memiliki tiket dan memakai boarding pass sebaiknya dicetak sebelum hari keberangkatan karena boarding pass, kita bisa H-7 (dicetak)," kata Rizki di Stasiun Gambir, Jakarta, Sabtu (9/6/2018).

Kemudian, Rizki meminta kepada para pemudik untuk mengatur jadwal keberangkatannya dari rumah ke stasiun kereta. Menurut Rizki, hal ini guna mencegah terjadinya penumpukan di dalam stasiun.

"Datang ke stasiun jangan jauh-jauh jamnya atau jangan mepet. Jadi bisa diperkirakan 2 sampai 3 jam sebelumnya. Itu mengurangi kepadatan di Stasiun Gambir sendiri," ucap Rizki.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Bawa Barang Berlebih

Terakhir, Rizki meminta para pemudik untuk tidak membawa barang berlebih. Sebab, kata dia, ada batasan barang bawaan bagi para penumpang.

"Bawalah barang-barang yang sesuai kebutuhan karena di stasiun dan kereta api kita batasi barang bawaan per orang 20 kilogram," terang Rizki.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.