Sukses

Ketika RA Kartini Dikagumi Warga Roma

Liputan6.com, Roma - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Roma membuka Festival Kuliner Indonesia dengan nama Kampung Jajan Campania dalam rangka memperingati Hari Kartini, 21 April 2018. Acara ini diselenggarakan oleh Dharma Wanita Persatuan (DWP) KBRI Roma.

"Sekitar 300 undangan memadati halaman KBRI Roma untuk menikmati beragam makanan maupun mencari produk kerajinan tangan khas Indonesia. Kampung Jajan Campania, adalah nama jalan di mana KBRI Roma berada," kata Fungsi Penerangan, Sosial, dan Budaya (Pensosbud) KBRI Roma, Aisyah Allamanda," kepada Antara di London, Sabtu (21/4/2018).

Peringatan Hari Kartini di Roma tidak hanya dihadiri warga dan para pelajar sekolah menengah.

Beberapa anggota asosiasi perempuan setempat hingga korps diplomatik asing, juga antusias menikmati sajian khas Nusantara yang ditawarkan. Ragam panganan, seperti nasi goreng, sate ayam, lontong kari, bakwan Malang, dan coto Makassar, hingga aneka kudapan sangat memikat pengunjung.

Hal ini pun tak disia-siakan oleh warga Indonesia yang tinggal di sekitar Roma, maupun dari kota Turin dan Napoli. Mereka beramai-ramai datang ke KBRI untuk mengobati kerinduan akan selera khas kuliner Tanah Air.

 

1 dari 2 halaman

Figur RA Kartini Dikagumi Warga Roma

Sementara itu, para tamu asing yang hadir menyatakan kekagumannya atas figur perempuan seperti R.A. Kartini yang hingga kini terus menginspirasi perempuan Indonesia.

Keterangan Indonesia pernah memiliki seorang kepala negara dan banyak pemimpin perempuan turut disambut hangat hadirin. Beberapa di antara menyatakan, hal tersebut menunjukkan peran perempuan Indonesia dalam pembangunan sangat besar.

Sebelum acara dimulai, Dubes RI untuk Roma, Esti Andayani telah membuka acara secara simbolik dengan pemukulan gong. Dia sangat mengapresiasi DWP KBRI Roma yang sangat aktif mendukung upaya promosi sosial budaya Indonesia di Italia.

"Peranan perempuan baik dalam keluarga maupun di masyarakat tidak dapat dipandang sebelah mata, ujarnya.

Turut hadir dalam peringatan Hari Kartini di KBRI Roma, Kementerian Pertahanan Italia Ivano Romano. Dia mengaku sangat menikmati kuliner khas Indonesia, terutama bakwan malang dan kue lapis legit.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Artikel Selanjutnya
Anies Kaji Usulan 22 Ramadan Sebagai Hari Lahir DKI Jakarta
Artikel Selanjutnya
Mengenal Sosok KH Mustafa Kamil, Ulama Perintis Kemerdekaan Asal Garut