Sukses

Kemenhub Buka Pendaftaran Mudik Gratis 2018

Mudik gratis 2018, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bakal menyediakan moda transportasi darat dan laut. Mulai dari kereta api, bus, dan kapal laut. Terdapat 32 kota tujuan mudik gratis.

Liputan6.com, Jakarta Bagi sebagian orang mudik sudah menjadi ritual setiap tahun. Momen pulang kampung untuk bertemu keluarga dan kerabat selalu dilakukan menjelang Perayaan Idul Fitri.

Namun, terkadang pemudik menggunakan sepeda motor untuk pulang kampung yang jaraknya jauh. Padahal, hal itu tidak dianjurkan. Pasalnya, pemudik bakal cepat lelah dan bisa berujung kecelakaan.

Untuk itu, Kementerian Perhubungan kembali akan menggelar mudik gratis khusus pengguna motor pada tahun ini. Dengan adanya mudik gratis, diharapkan bisa mengurangi pemudik jarak jauh yang menggunakan sepeda motor.

Kemenhub bakal menyediakan setidaknya 1.130 bus dan 70 truk untuk membawa pemudik ke tujuannya masing-masing.  

Mudik gratis ini bakal menyediakan moda transportasi darat dan laut. Mulai dari kereta api, bus, dan kapal laut. Terdapat 32 kota tujuan mudik gratis tersebut. Berikut kota-kota tujuannya.

Kota Padang, Cirebon, Kuningan, Ciamis, Tasikmalaya, Garut, Banjar, Yogyakarta, Wonosari, Tegal, Pemalang, Kota Pekalongan, Semarang, Salatiga, Boyolali, Demak, Kudus, Blora, dan kota Pati.

Tak hanya itu, tujuan lainnya ialah Kota Jepara, Purwodadi, Solo,  Sragen,  Klaten, Temanggung, Wonosobo, Cilacap, Purwokerto, Magelang, Kebumen, Wonogiri, dan Madiun.

Bagi Anda yang minat caranya cukup mudah. Anda hanya perlu mendaftar secara langsung ditempat yang telah ditetapkan atau daftar secara online dengan membuka website www.mudikgratis.dephub.go.id, upload data dan persyaratan yang diperlukan.

Lalu Anda bakal mendapatkan kode booking. Akan diberi waktu selama 3 hari untuk verifikasi pendaftaran. Apabila Anda tidak melakukan verifikasi, kode booking tidak berlaku.

Perlu diketahui, pendaftaran Mudik Gratis Moda Bus dan Kapal Roro mulai tanggal 25 Maret 2018. Pendaftaran akan ditutup apabila kuota telah terpenuhi.

Ayo daftarkan diri Anda dan keluarga untuk mudik gratis dari Kemenhub.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.