Sukses

Sosok Minggu Ini: Susi Sukaesih, Majukan Pendidikan Anak Putus Sekolah

Liputan6SCTV, Bekasi - Waktu sudah menunjukkan pukul 07.30 WIB, namun halaman sekolah SMP Ginus Bekasi masih tampak ramai dengan anak-anak yang berkumpul di lapangan. Mereka merupakan murid-murid baru Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) ITACO, dan ini adalah hari pertama mereka masuk kelas.

Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat ini menampung anak-anak putus sekolah dari golongan kurang mampu di Kota Bekasi.

Seperti ditayangkan Sosok Minggu Ini dalam Liputan6 SCTV, Senin (9/4/2018), Susi Sukaesih, adalah penggagas berdirinya pusat belajar ini. Tergerak oleh nalurinya sebagai seorang pendidik, Susi tidak ingin ada anak yang putus sekolah dan kehilangan masa depan.

Menyewa tiga ruangan kelas di sebuah sekolah, Pkbm Itaco memberikan berbagai pelatihan keterampilan lewat program siswa wirausaha. Seperti menjahit, membuat tas, dan juga desain grafis. Hasil produksinya kemudian dimanfaatkan untuk menambah uang saku para siswa dan membantu operasional sekolah.

Reza Pratama merupakan salah satu anak didik PKBM ITACO yang sudah lulus dan saat ini sudah bekerja dan juga membantu mengajar desain grafis di PKBM.

Keinginan Susi untuk dapat berbuat lebih di bidang pendidikan, menjadikannya semakin giat mengembangkan pusat kegiatan belajar bagi anak-anak kurang mampu.