Sukses

Keseteraan Gender Dinilai Jadi Hak Manusia Paling Mendasar

Kesetaraan gender merupakan gerakan global di mana laki dan perempuan harus bersama terlibat.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Bambang Soesatyo menekankan kesetaraan gender bukanlah isu perempuan semata, melainkan isu sosial dan kemanusiaan dalam artian yang lebih luas.

Bagi politisi Golkar dengan panggilan akrab Bamsoet ini, kesetaraan gender merupakan gerakan global di mana laki dan perempuan harus bersama terlibat.

“(Keseteraan gender) Meliputi hak manusia yang paling mendasar, yaitu hidup tanpa diskriminasi," kata Bamsoet saat membuka perayaan International Women's Day 2018 di Gedung Nusantara DPR RI, Jakarta, Rabu 14 Maret 2018.

Bamsoet menjelaskan, dalam menjalankan fungsi legislasi DPR turut melindungi kaum perempuan. Pembentukan Undang-Undang tentang Sistem Pendidikan Nasional yang menekankan perlunya pemberdayaan perempuan dan Undang-Undang tentang Kesehatan untuk menjamin kesehatan reproduksi perempuan dikemukakannya merupakan contoh nyata peran DPR dalam melindungi perempuan.

Tak hanya itu, saat ini DPR juga tengah membahas RUU tentang Penghapusan Kekerasan Seksual. DPR juga telah membentuk Kaukus Perempuan Parlemen dan Kaukus Politik Perempuan Indonesia untuk mempromosikan serta mendorong pencapaian kesetaraan dan keadilan gender.

Pemerintah Indonesia menurut Bamsoet telah merumuskan dan menerapkan berbagai strategi untuk menciptakan lingkungan yang kondusif bagi peningkatan peran kaum perempuan. Sistem yang mewajibkan partai politik memenuhi kuota 30 persen keterwakilan perempuan dalam daftar calon anggota legislatif disebutnua sebagai satu strategi yang diperkenalkan pemerintah.

“Namun sayang, peluang tersebut tidak dimanfaatkan maksimal. Saat ini hanya 97 perempuan dari 560 total anggota DPR atau hanya 17,1 persen yang lolos menjadi Anggota DPR RI periode 2014-2019,” kata Bamsoet.

Dalam perayaan International Women's Day 2018 ini DPR menganugerahkan penghargaan kepada Presiden Jokowi yang dipandang memiliki prestasi berhasil menempatkan kaum perempuan terbanyak dalam Kabinet pemerintahan.

Selain kepada Presiden Jokowi, DPR juga memberikan penghargaan kepada DPRD Provinsi Riau karena memiliki jumlah anggota DPRD Perempuan Terbesar Secara Nasional.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penghargaan untuk Perempuan

Sementara Bupati Kabupaten Minahasa Selatan Christiany Eugenia Parantu dan Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti mendapatkan penghargaan atas pencapaian mereka sebagai Bupati Perempuan yang terpilih selama dua periode berturut-turut.

Secara khusus Bamsoet memberikan penghargaan dan memuji Sri Mulyani yang dinilainya sebagai salah satu menteri perempuan terbaik di kabinet kerja. Terlebih, belum lama ini Sri Mulyani terpilih sebagai menteri terbaik dunia dalam acara World Government Summit di Dubai, Uni Emirat Arab.

Pujian terhadap Sri Mulyani bahkan ditunjukkannya secara langsung melalui sebait pantun kepada Sri Mulyani di akhir sambutan.

“Seribu ekonom berjumpa di Bali,Bagai gelatik berwarna-warni.Tapi hanya satu yang memikat hati,Itulah dia Sri Mulyani."

Hadir dalam acara itu Wakil Ketua DPR Fadli Zon dan Fahri Hamzah, Menteri Keuangan Sri Mulyani yang menjadi Keynote Speaker, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Susana Yembise, Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) DPR Nurhayati Ali Assegaf.

Selain itu, hadir Duta Besar Negara Sahabat. Antara lain Mexico, Canada, Bangladesh, Spanyol, Jordan, Panama, Serbia, Ceko, Yaman, Suriname, Pakistan, Kuwait, Brazil, Hungaria, Norwegia, Jepang, Portugal, Iran, Bulgaria, Colombia, Bosnia, Palestina, Irak, Myanmar, Rusia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • DPR adalah lembaga legislatif yang anggotanya terdiri dri anggota partai politik terpilih dari hasil pemilu.

    DPR

  • Gender