Sukses

Okky Splash Youth Soccer League 2018 Dukung Anak U-12 Bergembira dan Berkarakter Kuat

Liputan6.com, Jakarta Okky Splash sebagai salah satu produk unggulan PT Suntory Garuda Beverage, bersama Indonesia Junior Soccer League serta didukung oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), menggelar kegiatan sepak bola untuk anak Indonesia usia dini bernama Okky Splash Youth Soccer League 2018. Kegiatan ini merupakan lanjutan dari Okky Splash Youth Soccer League 2017.

Melalui pertandingan sepak bola dengan tema "Be Fun, Be You" tersebut, OKKY mendukung anak-anak U-12 untuk lebih aktif, riang, dan bergembira. Selain itu, Head Group of Cup Santory Garuda Beverage, Martinus Rezal, mengatakan bahwa ia berharap kegiatan ini dapat melahirkan anak-anak andal, tak hanya di bidang sains, tetapi juga dari sisi pembentukan karakter.

Kegiatan tersebut pun mendapat dukungan dari Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi. Menurutnya, pertandingan sepak bola dapat menanamkan jiwa yang kuat pada anak-anak.

"Saya tahu olahragawan, atlet sepak bola tertanam jiwa-jiwa yang kuat. Ada keagungan etika yang mereka miliki. Mereka pasti punya respect dengan siapapun karena dibiasakan bekerja bersama-sama. Mereka harus menghormati satu sama lain. Pasti karakter itu akan terbawa selamanya," ujarnya, saat memberikan sambutan dalam acara Konferensi Pers Okky Splash Youth Soccer League 2018 di Gedung Kemenpora, Senayan, Jakarta, Rabu (14/3/2018).

Pendapat serupa juga disampaikan oleh praktisi sepak bola Indonesia, Indra Sjafri. Ia mengatakan, sepak bola mengajarkan lebih dari sekadar menang dan kalah. Banyak nilai-nilai lebih besar daripada itu yang dapat dipelajari.

"Pada usia 12 itu baru muncul semangat kompetitifnya. Maka, diadakan kejuaraan untuk anak usia 12 tahun. Tetapi tetap saja bahwasanya even itu dijadikan ajang kompetisi tanpa menargetkan juara menjadi tujuan utama. Karena sepak bola harus dibangun dari sedini mungkin, tapi bukan sepak bola yang hanya bicara soal kalah dan menang," ucap Indra.

Ia melanjutkan, diperlukan generasi baru sepak bola Indonesia yang tidak hanya peduli dengan masalah menang dan kalah. Menurut Indra, apabila tim sepak bola dibangun dengan kultur, jiwa, dan sopan santun Indonesia, maka akan membanggakan nama Indonesia di mata dunia.

Guna mendukung penanaman nilai-nilai tersebut dan pembentukan karakter, Okky Splash Youth Soccer League 2018 akan mengadakan kegiatan coaching pada 25 Maret 2018 sebagai rangkaian kegiatan. Aktivitas ini rencananya dihadiri oleh lebih kurang 1.200 anak.

Sementara itu, pertandingan sepak bolanya sendiri akan diikuti oleh 210 tim dan 3.780 anak yang berasal dari enam kota di Indonesia. Kota Surabaya, Malang, Yogyakarta, Semarang, dan Bandung masing-masing mengirimkan 30 tim. Sementara itu, Jabodetabek mengirimkan 60 tim.

Pertandingan sudah dimulai di Surabaya sejak 3 Maret 2018. Selanjutnya, kompetisi berlangsung di Malang (31 Maret - 8 April 2018), Yogyakarta (21 - 29 April 2018), Semarang (30 Juni - 8 Juli 2018), Bandung (14 - 22 Juli 2018), dan Jakarta (28 Juli - 5 Agustus 2018).

Tim yang menang dari setiap regional akan bertanding di Okky Splash National Championship pada 11 September 2018. Dari pertandingan ini akan dipilih pemain-pemain terbaik yang akan masuk ke dalam Okky Splash Youth Soccer Team 2018 dan berlaga di ajang Singa Cup 2018.

Rangkaian kegiatan Okky Splash Youth Soccer League 2018 lainnya ialah coaching, edukasi, dan fun games yang akan hadir ke sekolah-sekolah di enam kota tersebut.

Be Fun, Be You! 

 

(Adv)

Artikel Selanjutnya
SSB Bulog Surabaya Lolos ke Seri Nasional OSYSL
Artikel Selanjutnya
30 Tim Ikut Kejuaraan Sepak Bola Usia Dini di Surabaya