Sukses

Revisi UU MD3 akan Diputuskan Malam Ini

Nasib revisi UU MD3 akan ditentukan dalam rapat tingkat panitia kerja (panja) dengan mengundang pemerintah.

Liputan6.com, Jakarta - Anggota Badan Legislasi (Baleg) Hendrawan Supratikno optimistis, keputusan soal Revisi Undang-Undang MPR, DPR, DPRD, dan DPD (UU MD3) dapat tercapai malam ini, Rabu (7/2/2018). Dia menyebut perbedaan pandangan setiap fraksi akan penambahan jumlah pimpinan dalam rancangan itu sudah berkurang.

Menurut dia, nasib revisi UU MD3 akan ditentukan dalam rapat tingkat panitia kerja (panja) dengan mengundang pemerintah yang diwakili dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

"Pandangan fraksi sudah mengalami konvergensi, perbedaan sudah sangat sedikit. Jadi itu artinya malam ini kami optimis bisa diselenggarakan rapat kerja dengan Menteri Hukum dan HAM," kata Hendrawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (7/2/2018).

Dia menjelaskan, saat rapat di Baleg siang hingga sore tadi, perdebatan tentang penambahan jumlah kursi pimpinan di MPR masih mencuat.

Kendati begitu, dia memastikan rapat pembahasan revisi UU MD3 malam ini dapat membuahkan hasil.

"Kalau memang tidak ada jalan lain karena musyawarah mufakat tidak menghasilkan kepastian bulat, iya voting," ujar Hendrawan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Plan B

Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) Firman Subagyo mengatakan, DPR telah mempersiapkan adanya pilihan voting dalam pembahasan revisi UU MD3 tentang penambahan kursi pimpinan di DPR dan MPR.

Apalagi memang hingga saat ini, kata dia, belum mendapatkan kesepakatan dari setiap fraksi dalam jumlah penambahan.

"Kalau memang nanti diralat tidak bisa mengambil keputusan azas mufakat, malam kita lakukan voting," kata Firman di Kompleks Palemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (7/2/2018).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini