Sukses

Status Gunung Sinabung Awas, Warga Diminta Kenakan Masker

Sejak Rabu pagi hingga sore hari terjadi tiga kali erupsi di Gunung Sinabung yang disertai awan panas.

Liputan6.com, Karo - Aktivitas Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara masih tinggi. Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat sejak Rabu 27 Desember pagi hingga sore hari, terjadi tiga kali erupsi yang disertai awan panas dengan tinggi mencapai 1.500 meter. Sedangkan jarak luncur awan panas mencapai 4.600 meter.

"Statusnya kan masih status awas, jadi sifat fluktuasi itu biasa gunung api. Masih tinggi, kegempaan-kegempaan vulkanik masih terekam dengan baik bahwa aktivitas itu masih belum dikatakan turun," kata Kepala Tanggap Darurat Gunung Api Sinabung, Isa Nurrahman.

Seperti ditayangkan Liputan6 Pagi SCTV, Kamis (28/12/2017), akibat masih tingginya aktivitas Gunung Sinabung, warga diimbau untuk tidak masuk ke zona bahaya. Warga juga diminta selalu menggunakan masker atau pelindung wajah agar tidak menghirup abu vulkanik yang dapat mengganggu kesehatan.

Saat ini Gunung Sinabung masih berada di level tertinggi yaitu awas level empat. Belum dapat diprediksi kapan aktivitas Gunung Sinabung akan menurun dan kembali normal.