Sukses

Masjid Istiqlal Sembelih Hewan Kurban Setelah Salat Asar

Sapi kurban Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla ini sudah berada di Masjid Istiqlal Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Masjid Istiqlal akan menyembelih hewan kurban Idul Adha 1438 Hijriah. Bila tahun lalu hewan kurban disembelih malam, maka pada tahun ini penyembelihan digelar usai salat asar.

"Tahun ini kami laksanakan selepas salat asar, bukan habis isya. Dengan harapan daging kurban bisa dibagi lebih awal jam 8 atau jam 9 malam," ucap Kepala Bagian Protokol Masjid Istiqlal Abu Hurairah saat dihubungi Liputan6.com, Kamis (31/8/2017).

Abu Hurairah mengatakan, pengurus Masjid Istiqlal juga sudah mendata warga yang berhak mendapatkan daging kurban hasil penyembelihan.

Pihaknya sudah bekerja sama dengan RT, RW, kelurahan, serta ketua musala dan masjid untuk menentukan nama warga yang berhak menerima daging hewan kurban.

"Tahun lalu bisa dibagi 6.000, tahun ini kita harapkan lebih banyak," kata dia.

Hurairah menambahkan, hingga saat ini tercatat sudah 20 ekor hewan kurban yang ada di Masjid Istiqlal. Hewan kurban tersebut di antaranya berasal dari Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Jokowi menyumbang sapi jenis ongole berusia delapan tahun seberat 1,5 ton untuk disembelih di Masjid Istiqlal. Sementara sapi ongole dari Jusuf Kalla berusia tujuh tahun dengan berat 1,3 ton.

Sapi kurban Jokowi dan Jusuf Kalla ini sudah berada di Masjid Istiqlal Jakarta.

Saksikan video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pesan Idul Adha Jusuf Kalla

Umat Islam akan merayakan Hari Raya Idul Adha, Jumat 1 September 2017. Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK mengajak umat muslim mempelajari keteladanan Nabi Ibrahim.

"Semoga Hari Raya Idul Adha ini memberikan kita semua hikmah dan hidayah dalam kehidupan kita sehari-hari dalam rangka membangun bangsa yang maju, aman, dan damai," kata JK di kantor Wapres Jakarta, Rabu (30/8/2017).

Ia berharap Idul Adha kali ini bisa membawa kedamaian bagi Indonesia. JK sendiri akan mengisi momen itu dengan melaksanakan salat id di Masjid Istiqlal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.