Sukses

Jemaah Haji Indonesia Berangkat dari Madinah ke Mekah

Para jemaah berhenti di Bir Ali, Madinah, untuk melakukan mikat atau berpakaian ihram bagi jemaah calon haji.

Liputan6.com, Mekah - Sembilan kendaraan yang mengangkut jemaah haji Indonesia dari Madinah, sudah bergerak menuju Kota Mekah, Arab Saudi.

Seperti pantuan Liputan6.com, Sabtu, 5 Agustus 2017, dari layar pemantau di kantor Daerah Kerja (Daker) Mekah, terlihat bus sudah memasuki kawasan Bir Ali Madinah dan mulai bergerak lagi.

Di sinilah tempat miqat atau berpakaian ihram bagi jemaah calon haji Indonesia yang ingin memasuki Masjidil Haram, dari Madinah ke Mekah.

Kepala Daker Mekah Nasrullah Jasam mengatakan, bus dapat dipantau karena telah dipasang alat tracking bus.

Menurut dia, rombongan calon jemaah haji berhenti di Bir Ali untuk mengambil miqad. Sesampainya di Mekah, jemaah juga akan melaksanakan umroh.

"Itu kelihatan sudah sembilan bus memasuki kawasan Bir Ali," kata Nasrullah di Mekah, Arab Saudi, Sabtu 5 Agustus 2017.

Nasrullah menjelaskan ada satu kloter yang diberangkatkan menuju Mekah dari Madinah sore ini. Mereka adalah jemaah dari Medan dengan jumlah 393 jemaah.

"Semua sudah siap, terutama sektor enam yang akan menampung jemaah. Juga untuk katering, akan ada makanan selamat datang untuk jemaah," kata dia.

Kemudian pada hari kedua, kata Nasrullah, ada enam kloter yang diberangkatkan menuju Mekah. Namun jumlahnya belum diketahui pasti.

Menurut Nasrullah, mereka akan diberangkatkan di atas pukul 12.00 waktu Arab Saudi, dan diperkirakan tiba di Mekah pada malam hari.

Selanjutnya pada 12 hingga 26 Agustus 2017, gelombang kedua calon jemaah haji akan mulai tiba di Jeddah, sebelum memasuki Mekah.

Kemudian secara bersamaan jemaah akan masuk ke Mekah pada 12 sampai 20 Agustus. Waktu ini menjadi masa puncak kedatanganjemaah haji Indonesia di Mekah.

 

 

Saksikan video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.