Sukses

Waspada Aksi Pengemis Musiman Jelang Lebaran

Jelang Lebaran menurut petugas Suku Dinas Sosial, kerap ditemukan pengemis musiman dengan berbagai modus.

Liputan6SCTV, Jakarta - Jelang Lebaran, ada-ada saja cara pengemis untuk mendapatkan belas kasihan dari masyarakat. Ada pasutri yang berpura-pura buta, ada pula pengemis wanita menggunakan modus ngesot demi memperoleh penghasilan.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Selasa (13/6/2017), aksi Rendi dan istrinya mengemis di kawasan Cililitan, Jakarta Timur, harus berakhir setelah petugas Sudin Sosial Jakarta Timur mengamankan keduanya Senin, 12 Juni 2017 malam. Yang menarik, demi mendapatkan uang dari belas kasihan warga, pasutri ini berpura-pura buta sembari menutup matanya dan dituntun oleh sang istri.

Kini, Rendi bersama istrinya langsung diamankan petugas Sudinsos Jakarta Timur dan di bawa ke Panti Sosial Bina Insani, Cipayung, Jakarta Timur.

Modus yang berbeda dilakukan seorang pengemis wanita yang diamankan di Panti Rehabilitasi Kedoya, Jakarta Barat. Ia berpura-pura cacat dengan berjalan ngesot. Dalam dua jam, ia mampu menghasilkan uang Rp 230.000.

Jelang Lebaran menurut petugas Suku Dinas Sosial, memang kerap ditemukan pengemis musiman dengan berbagai modus. Masyarakat pun diharap lebih waspada saat akan bersedekah.