Sukses

Disaksikan Jokowi, Ini yang Disampaikan Ulama pada Raja Salman

Para ulama juga menyampaikan harapan kepada Raja Salman. Utamanya perihal kualitas penyelenggaraan haji.

Liputan6.com, Jakarta - Pemimpin Arab Saudi Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud menyempatkan diri bertemu tokoh agama Islam Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta. Presiden Joko Widodo atau Jokowi memimpin langsung pertemuan itu.

Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, sedikitnya ada 36 tokoh agama yang diundang dan hadir dalam pertemuan itu. Hanya beberapa saja yang diberi kesempatan menyampaikan tanggapan dan pandangan kepada Raja Salman.

Ketiga tokoh itu, yakni Ketua MUI dan pimpinan NU KH Ma'aruf Amin, Prof DR Yunahar Ilyas mewakili Muhammdiyah, dan Habib Lutfi dari Pekalongan.

"Intinya para tokoh agama Islam di Indonesia pertama menyampaikan rasa syukur atas datangnya Raja Salman, kemudian berterima kasih atas kerja sama dan perhatian yang luar biasa yang telah diberikan Pemerintah Arab Saudi kepada Indonesia," kata Lukman di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (2/3/2017).

Selain itu, para ulama juga menyampaikan harapan kepada Raja Salman. Utamanya, perihal kualitas penyelenggaraan haji.

"Mudah-mudahan Indonesia masih tetap mendapatkan tambahan kuota karena mengingat animo yang cukup besar masyarakat Indonesia untuk ibadah haji," imbuh Lukman.

Ia menjelaskan, sejak awal Raja Salman memang ingin berdialog dan mendengar langsung dengan para ulama seperti ini. Hanya saja, waktu dan kondisi Raja yang sudah tidak muda lagi membuat dirinya tidak punya banyak waktu.

"Intinya di awal beliau (Raja Salman) menyampaikan bahwa beliau sangat senang bisa bertemu dengan tokoh-tokoh Islam dan beliau akan mendengarkan masukan dari apa yang akan disampaikan, jadi tentu semua akan menjadi perhatian beliau," pungkas Lukman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini