Sukses

Jokowi: TNI Harus Gerak Cepat Antisipasi Perubahan Teknologi

Jokowi mengatakan, kompetisi global yang semakin tinggi harus bisa dihadapi dengan baik.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi pengarahan pada Rapat Pimpinan TNI 2017. Mengawali pengarahan, Jokowi mengingatkan pesatnya perdagangan digital yang harus diantisipasi.

Jokowi mengatakan, kompetisi global yang semakin tinggi harus bisa dihadapi dengan baik. Belum lagi perkembangan politik dunia yang terus berubah.

Sebut saja, kebijakan Amerika Serikat yang akan berubah seiring dengan akan dilantiknya Presiden terpilih Donald Trump. Perubahan dunia yang terus berubah setiap detik.

"Karena itu kita harus bergerak cepat mengantisipasi semua perubahan terutama yang berkaitan dengan kecanggihan teknologi," ujar Jokowi di Aula Gatot Subroto, Mabes TNI Cilangkap, Jakarta, Senin (16/1/2017).

Perkembangan teknologi yang semakin pesat harus terus disikapi dengan baik. Jokowi cukup menyoroti perkembangan teknologi perdagangan melalui e-commerce.

Setiap negara di dunia kini tengah menyiapkan platform e-commerce masing-masing. Indonesia juga tidak boleh kalah dengan negara lain, utamanya yang sudah memiliki basis platform e-commerce dan sudah banyak dinikmati masyarakat.

"Kalau kita sendiri tidak mempunyai platform asli Indonesia sangat sulit sekali memindahkan arus barang sulit sekali keluar masuk dari negara lain," lanjut Jokowi.

Memang pola belanja masyarakat sudah berubah sejak teknologi perdagangan digital semakin berkembang. Orang mulai berbelanja langsung melalui gadget mereka sehingga tak perlu datang ke pusat perbelanjaan.

"Saya berikan contoh saja Misalnya Amazon, eBay, dan Alibaba. Contoh Alibaba saja berapa ratus juta dia menguasai konsumen yang dulunya lewat Toko lewat mal dan pasar modern sekarang," pungkas Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini