Sukses

DPR Mendesak Penyodetan Sungai Citanduy Direalisasikan

Liputan6.com, Bandung: Komisi IV DPR mendesak agar rencana penyodetan atau pembuatan saluran aliran air Sungai Citanduy di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, segera dilaksanakan. Sebab, penyodetan Sungai Citanduy akan terkait dengan kepentingan masyarakat banyak. Desakan tersebut disampaikan Ketua Komisi IV DPR Erwin Pardede seusai peninjauan di Sungai Citanduy, baru-baru ini.

Menurut Erwin, penyodetan di Citanduy sangat mendesak karena menyangkut keselamatan dan kepentingan warga sekitarnya. Di antaranya, ancaman pendangkalan segara anakan akibat lumpur dari aliran air yang bermuara di Sungai Citanduy. Padahal, selama ini, segara anakan menjadi tempat pemisahan satwa laut, di antaranya udang. Dampak lainnya adalah ancaman banjir di hulu sungai yang semakin parah karena tak berfungsinya saluran irigasi akibat tertutup lumpur.

Sementara, Direktur Jenderal Sumber Daya Air Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah Hari Sidharta menyatakan, penyodetan Citanduy yang dibiayai Bank Pembangunan Asia akan dilaksanakan dalam tahun ini. Namun, sebelumnya, pemerintah harus menuntaskan dahulu masalah ganti rugi tanah. Untuk itu, DPR merekomendasikan agar pemerintah mencabut hak guna bangunan tanah milik PT Kencana Kartika Satria, pemilik tanah paling luas dekat aliran Sungai Citanduy, melalui jalur hukum.(PIN/Patria Hidayat)