Sukses

Pelantikan Gubernur Banten Dijaga Ketat

Akhirnya Mendagri Hari Sabarno melantik Gubernur Banten dan wakilnya. Pelantikan mengundang protes karena gubernur terpilih dari PPP itu dinilai terlibat politik uang.

Liputan6.com, Banten: Gubernur Banten Joko Munandar dan wakilnya Ratu Atut Chosiyah dilantik di Gedung DPRD Banten, Jumat (11/01). Pelantikan dijaga ketat karena sebelumnya mengundang sejumlah protes dari kelompok tertentu yang menuding gubernur terpilih terlibat politik uang.

Proses pemilihan gubernur pertama Banten ini pada kenyataannya sempat diwarnai sejumlah pertentangan dari kelompok masyarakat. Saat Joko Munandar dari Partai Persatuan Pembangunan dan Ratu Atut dari Golkar memenangi bursa pemilihan gubernur mengundang protes. Tim Pembela Konstitusi Banten melayangkan surat ke Menteri Dalam Negeri Hari Sabarno. Permintaannya, agar menunda pelantikan dengan alasan terlibat politik uang.

Namun dengan mengantongi keputusan Presiden yang dikeluarkan 8 Januari silam, di depan anggota Dewan dan seluruh komponen masyarakat Banten Mendagri melantik gubernur dan wakilnya. Menurut Hari, dengan pelantikan ini proses politik dari pemilihan gubernur Banten telah selesai. Namun bila ada yang belum bisa menerima pelantikan, bisa dilakukan melalui proses hukum.(YYT/Tris Wijayanto dan Arry Trisna)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini