Sukses

Libur Natal, Jumlah Penumpang di Terminal Induk Bekasi Melonjak

Jumlah penumpang pada libur Natal diperkirakan kembali naik pada hari ini.

Liputan6.com, Bekasi - Jumlah penumpang di Terminal Induk Kota Bekasi, Jawa Barat, naik 10 persen dari situasi normal jelang libur Natal 2016 dan Tahun Baru 2017.

"Situasi normal berkisar sekitar 4 ribu penumpang, saat ini melonjak sekitar 10 persennya," kata Kepala Terminal Induk Kota Bekasi Fathikun di Bekasi, Jumat 23 Desember 2016 seperti dilansir dari Antara.

Menurut dia, mayoritas penumpang akan menuju ke daerah di Jawa Barat, seperti Garut, Tasikmalaya, Pangandaran, dan Ciamis. Sedangkan jumlah penumpang pada angkutan dengan tujuan jarak jauh, seperti Sumatera dan Jawa Tengah masih normal.

Dia memprediksi jumlah itu akan kembali melonjak pada Sabtu (24/12/2016). Hari ini memang diperkirakan menjadi puncak arus mudik libur Natal dan tahun baru di wilayah tersebut.

Untuk itu, pihaknya berinisiatif melakukan penambahan bus cadangan dari PO Mayasari Bhakti untuk mengantisipasi penumpang yang terlantar.

"Kami melihat penumpang yang mengarah ke Tasikmalaya dan Garut cukup banyak, sehingga perlu disiapkan bus cadangan," ujar Fathikun.

Pihak Mayasari Bhakti, kata dia, telah mempersiapkan sekitar 450 armadanya untuk armada cadangan pada libur Natal dan tahun baru ini."Kami tidak ingin ada masyarakat yang mengalami kendala untuk berlibur, jadi perlu dipersiapkan bus cadangan," ucap Fathikun.

Dia mengimbau calon penumpang untuk menghindari pembelian tiket melalui calo. Menurut dia, hal itu hanya akan merugikan penumpang dan juga perusahaan angkutan.

"Saya juga mengimbau kepada para calon penumpang agar menghindari transaksi pembelian tiket dari calo guna menghindari tindak penipuan," kata Fathikun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.