Sukses

Sambut Natal dan Tahun Baru, Polri Siapkan Operasi Lilin

Operasi Lilin tak hanya diperuntukan bagi pengamanan jalannya perayaan Natal dan tahun baru.

Liputan6.com, Jakarta - Polri mulai mempersiapkan pengamanan perayaan Natal 2016 dan tahun baru. Polri sedang membentuk tim yang bakal bertugas dalam Operasi Lilin.

"Sedang dibentuk siapa saja yang terkena syarat perintah operasi Natal dan tahun baru, biasanya operasi lilin dikatakan dalam kaitan memperlancar perayaan tersebut," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Kombes Rikwanto di kompleks Mabes Polri, Jakarta, Rabu (7/12/2016).

Dia menjelaskan Operasi Lilin tak hanya diperuntukan bagi pengamanan jalannya perayaan Natal dan tahun baru. Operasi ini juga untuk memperlancar jalur mudik.

"Kita tidak ingin kemacetan di Brexit (Brebes Exit) terulang lagi. Untuk itu, pelaksanaan kegiatan operasi nantinya kita fokuskan benar-benar untuk personel kepolisian Polda Jawa Barat khusus dari Ditlantas akan kita maksimalkan," ucap Rikwanto.

Pada sisi lain, Polri tidak bisa menjamin jalur Brexit lancar pada Natal dan tahun baru. Namun, lanjut dia, Polri akan berusaha keras agar jalur Brexit tidak lumpuh atau mengalami kemacetan total.

"Kalau kemacetan dan kepadatan itu hal yang wajar karena bersama sama pergi ke satu tujuan keluar dari Jakarta lewat Jabar untuk Jateng, Jatim, Yogya," terang Rikwanto

"Namun jangan sampai terkunci stuck dan tidak bisa jalan atau tidak ada jalan ke luar. Ini sedang kita perdalam belajar dari pengalaman tahun lalu," sambung dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini