Sukses

Pernyataan Lengkap Presiden Jokowi Terkait Demo Rusuh 4 November

Presiden menduga ada aktor-aktor politik bermain dalam kerusuhan demo 4 November.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo menyesalkan kerusuhan dalam demonstrasi 4 November pada malam tadi. Presiden menduga ada aktor-aktor politik di balik kerusuhan yang menyebabkan dua kendaraan aparat dibakar massa.

"Tapi kita menyesalkan kejadian pada ba’da Isya yang seharusnya sudah bubar, tetapi menjadi rusuh. Dan, ini kita lihat telah ditungganggi oleh aktor-aktor politik yang memanfaatkan situasi," kata Presiden di Istana Merdeka, Sabtu (5/11/2016). 

Presiden juga menyampaikan bahwa proses hukum terhadap Gubernur DKI Jakarta non-aktif Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok tetap berjalan.

"Proses hukum terhadap Saudara Basuki Tjahaja Purnama akan dilakukan secara tegas, cepat, dan transparan," kata Jokowi.

Presiden juga meminta masyarakat yang bertahan di jalanan untuk pulang ke rumah dan daerah masing-masing.

"Oleh sebab itu, saya minta para pengunjuk rasa untuk kembali pulang ke rumah masing-masing, ke daerah masing-masing dengan tertib," imbau Presiden.

Berikut pidato lengkap Presiden Joko Widodo terkait kerusuhan demo 4 November 2106.

Bismilah

Sebagai negara demokrasi kita menghargai proses penyampaian aspirasi melalui unjuk rasa yang dilakukan pada hari ini dengan cara yang tertib dan damai. Terima kasih kami sampaikan kepada para ulama, kyai, habaib, ustad yang telah memimpin umatnya yang menyejukkan sehingga sampai Magrib tadi berjalan dengan tertib dan damai.

Tapi kita menyesalkan kejadian pada ba’da Isya yang seharusnya sudah bubar, tetapi menjadi rusuh. Dan ini kita lihat telah ditungganggi oleh aktor-aktor politik yang memanfaatkan situasi.

Sebelumnya, saya  telah memerintahkan Wakil Presiden untuk menerima perwakilan unjuk rasa,  yang didamping Menko Polhukam, Mensesneg, Menteri Agama, Seskab, Kapolri, dan Panglima.

Dalam pertemuan itu telah disampaikan bahwa proses hukum terhadap Saudara Basuki Tjahaja Purnama akan dilakukan secara tegas, cepat, dan transparan.

Oleh sebab itu, saya minta para pengunjuk rasa untuk kembali pulang ke rumah masing-masing, ke daerah masing-masing dengan tertib. Biarkan aparat keamanan bekerja menyelesaikan  proses penegakan hukum seadil-adilnya.

Terakhir, saya mengapresiasi kerja keras aparat keamanan yang melakukan pendekatan persuasif dalam menjaga situasi tetap kondusif. Saya harap masyarakat tetap tenang dan menjaga lingkungan masing-masing sehingga situasi tetap aman dan damai.

Terima kasih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.