Sukses

Hadirin Tertawa Saat Hakim Tawarkan Ahli Coba Kopi Bersianida

Menurut ahli kubu Jessica Wongso, sianida dapat menguap dengan cepat jika dicampur dengan kopi.

Liputan6.com, Jakarta - Saksi ahli toksikologi Universitas Indonesia, Budiawan, yakin sianida dapat menguap dengan cepat jika dicampur dengan kopi. Terlebih, jika menggunakan air hangat atau panas.

"Sangat cepat kalau pakai air hangat atau panas, akan langsung menguap. Begitu juga dengan air dingin, sama-sama akan menguap walau waktunya lebih lama," ujar Budiawan saat memaparkan keterangan di depan majelis sidang kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin dengan terdakwa Jessica Kumala Wongso, di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu (14/9/2016).

Keterangan ini membuat hakim kebingungan bagaimana membuktikan reaksi ketika seseorang meminum kopi bercampur sianida, namun zat kimia itu telah menguap. Dengan nada becanda, hakim pun menanyakan kesediaan Budiawan untuk meminumnya.

"Iya, Andai bisa dibuktikan lalu menguap, apa saudara bersedia meminum?" ucap hakim. Sontak pertanyaan ini mengundang tawa semua peserta sidang.

Tanpa pikir panjang, ahli menolaknya. "Ya tidak, Yang Mulia. Tapi kandungan 7.400 itu, bisa menguap semua. Meski waktunya lama, mungkin lebih dari setengah jam," ujar Budiawan. ‎

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.