Sukses

Pujian Demokrat untuk BG yang akan Jadi Kepala BIN

BG dinilai cukup baik, karena kemampuan BG sebagai perwira tinggi di kepolisian sudah tidak diragukan lagi.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarief Hasan menilai sosok Komjen Budi Gunawan (BG) adalah perwira polisi berpangkat tinggi yang baik. Meski begitu, ia menyebut penunjukan Kepala BIN sepenuhnya menjadi hak prerogatif Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sebagai anggota Komisi I DPR, Syarief pun mengaku siap untuk melakukan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) kepada Wakapolri itu.

"Kita akan siap fit and proper test di Komisi I. Kita pun melihat BG mrmiliki kemampuan mengingat dia perwira polisi tinggi," ungkap Syarief kepada Liputan6.com, di Jakarta, Jumat (2/9/2016).

Dari segi profesionalisme, BG dinilai cukup baik oleh partai pimpinan Susilo Bambang Yudhoyono ini. Apalagi, kemampuan BG sebagai perwira tinggi di kepolisian sudah tidak diragukan lagi.

Demokrat, kata Syarief, tetap akan melihat nanti saat fit and proper test dilakukan oleh Komisi I DPR. Karena, dulu BG sempat tersandung kasus KPK.

"Nanti kita lihat fit and proper test. Itu memang kan dari dulu Demokrat melihat kalau BG memiliki kompetensi yang tinggi," ujar dia.

"Saat ada kasus dari KPK, kita (Demokrat) minta di-clear-kan dulu, dan sudah clear. Kita lihat nanti fit and proper test-nya bagaimana. Yang jelas, kita di Komisi I siap melaksanakan fit and proper test," Syarief menutup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini