Sukses

Dipimpin Budi Gunawan, BIN Diharapkan Bisa Suplai Informasi Benar

PDIP mengapresiasi Jokowi memilih Budi Gunawan sebagai Kepala BIN.

Liputan6.com, Jakarta Ketua DPP PDIP Andreas Hugo Pareira menilai sosok Komjen Budi Gunawan mempunyai karir yang cemerlang di kepolisian. Ia pun mengapresiasi langkah Presiden Jokowi yang menunjuk pria yang biasa disebut BG itu sebagai calon tunggal Kepala BIN menggantikan Sutiyoso.

Andreas menyatakan sosok Wakapolri itu adalah perwira polisi yang berpengalaman.

"Beliau (BG) dikenal sebagai perwira polisi yang tenang, intelektual, dengan pengalaman yang luas baik sebagai konseptor, administrator, maupun sebagai perwira teritori lapangan yang memimpin Polda yang strategis seperti Bali," ungkap Andreas di Jakarta, Jumat (2/9/2016).

Selain itu, lanjut dia, BG pun dinilai memiliki jaringan yang luas. Sehingga penunjukan BG sebagai Kepala BIN mampu meningkatkan kinerja BIN sebagai institusi intelijen negara yang mampu mendeteksi ancaman-ancaman dan gangguan keamanan negara secara dini.

"BIN juga diharapkan mampu menyuplai informasi bagi Presiden sebagai pengambil keputusan utama di republik ini dalam berbagai hal. Juga BIN melaksanakan fungsinya untuk koordinasi intelijen dengan lembaga intelijen fungsional demi keamanan dan keselamatan negara," Andreas menandaskan.

Pagi tadi, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mendatangi pimpinan DPR untuk mengantarkan surat dari Presiden Joko Widodo soal pergantian Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Sutiyoso. Ketua DPR Ade Komarudin beserta wakilnya Taufik Kurniawan dan Agus Hermanto pun menerima surat tersebut.

Pratikno mengungkapkan, nama yang diusulkan oleh Jokowi adalah Budi Gunawan.

"Saya antarkan surat kepada pimpinan DPR, yaitu usulan Presiden untuk pergantian Kepala BIN. Jadi Kepala BIN diusulkan nama baru, yaitu Pak Budi Gunawan," ujar Pratikno.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini