Sukses

Turis Belanda Khusyuk Ikut Upacara HUT RI Bareng Ahok di Monas

Salah satu turis asing yang asyik menonton upacara HUta RI adalah Simon, warga negara Belanda.

Liputan6.com, Jakarta - Upacara peringatan HUT ke-71 RI di Lapangan IRTI Monas, Jakarta pagi ini terlihat berbeda. Bendera pun dikibarkan dan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menjadi inspektur upacara.

Sementara itu, dari sisi kiri panggung terdapat empat turis yang khusyuk mengamati prosesi itu. Salah satunya bernama Simon. Dia adalah warga negara Belanda yang tengah berlibur di Indonesia.

Apa alasan Simon dan keluarganya ikut upacara bendera pagi ini? "Dari (liburan) Bali, ke sini mau lihat ini (upacara)," ujar Simon di lapangan IRTI Monas, Jakarta, Rabu (17/8/2016).

Yang menarik, Simon tahu bahwa Ahok adalah Gubernur DKI Jakarta. Namun dia mengira mantan Bupati Belitung Timur itu adalah calon Presiden RI.

"Saya tahu itu Gubernur DKI. Calon presiden," ujar Simon polos.

Dia mempertanyakan mengapa tak banyak masyarakat umum yang menyaksikan upacara bendera di Monas. "Masyarakat umum tapi kok banyak yang enggak datang. Ini kan hari kemerdekaan," ucap Simon.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini