Sukses

VIDEO: Perjuangan Kakek Penggembala Kambing untuk Ibadah Haji

Selama 30 tahun menjadi penggembala dan bertani, sang kakek kini akan berangkat ke Tanah Suci berserta sang istri.

Liputan6.com, Purworejo - Pergi ke Tanah Suci untuk menunaikan ibadah haji merupakan mimpi setiap umat Islam. Begitu juga seorang kakek penggembala kambing dan istrinya di Purworejo, Jawa Tengah. Selama 30 tahun menabung, akhirnya mereka bisa berangkat menunaikan ibadah haji. 

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Minggu (14/8/2016), kandang kambing di belakang rumah menjadi tempat kakek Tumin memulai aktivitas. Usai membersihkan kandang, kakek 66 tahun ini membawa kambing-kambingnya ke kebun atau ke hutan yang tak jauh dari rumahnya. Selain mengembalakan kambingnya, sang kakek juga bertani.

Sebelumnya, kakek Tumin menggembalakan kerbau milik orang lain dan dibayar Rp 500 ribu setiap tiga bulan.

Kini, sang kakek sudah memiliki hewan ternak sendiri. Disela-sela uang upah yang didapat, kakek Tumin menyisihkannya untuk mewujudkan mimpinya menunaikan ibadah haji.

Tahun 2010 lalu, kakek Tumin mendaftar diri dan istrinya untuk pergi berhaji. Tak terasa selama 30 tahun menjadi penggembala dan bertani, sang kakek kini akan berangkat ke tanah suci berserta sang istri.

Kakek Tumin dan istri berharap bisa menjalani semua rukun haji dengan sempurna dan pulang menjadi haji yang mabrur.

Rencananya, mereka akan berangkat ke tanah suci akhir bulan ini melalui embarkasi Solo, Jawa Tengah, yang tergabung dalam kloter 35.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.