Sukses

Jokowi Tegur Ahok di Hadapan Seluruh Gubernur se-Indonesia

Pemprov DKI Jakarta menjadi provinsi yang paling besar menyimpan dana APBD di bank dan belum digunakan.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo menegur Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dalam pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Tim Pengendalian Inflasi Daerah. Acara ini dihadiri oleh gubernur se-Indonesia.

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan Pemprov DKI Jakarta menjadi provinsi yang paling besar menyimpan dana APBD di bank dan belum digunakan. "Pak Ahok, duitnya emang gede, tapi nyimpennya juga gede. Masih ada Rp 13,9 triliun. Ini harus segera dikeluarkan," ujar Jokowi di Hotel Sahid, Jakarta, Kamis (4/8/2016).

Jokowi juga menjabarkan sembilan provinsi lain yang menimbun APBD di bank dan belum dipergunakan. Sebut saja Jawa Barat sebesar Rp 8,034 triliun, Jawa Timur Rp 3,9 triliun, Riau Rp 2,86 triliun, Papua Rp 2,59 triliun, Jawa Tengah Rp 2,46 triliun, Kalimantan Timur Rp 1,57 triliun, Banten Rp 1,52 triliun, Bali Rp 1,4 triliun, dan Aceh 1,4 triliun.

Jokowi mengingatkan para kepala daerah untuk segera menggunakan APBN dan tidak terlalu lama disimpan di bank. Dengan digunakannya anggaran, potensi pertumbuhan ekonomi masyarakat juga akan meningkat.

"Sekarang kita blakblakan. Mulai kita blakblakan. Biar semuanya juga ngerti. Kalau sudah blakblakan gini gimana rasanya," ucap Jokowi.

"Saya sudah dibisiki Menteri Keuangan, dia bilang, 'Pak diungkap saja, Pak'. Ya sudah diungkap," Jokowi memungkas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta

    Ahok

  • APBD adalah Anggaran Pendapatan Belanja Daerah yang disetujui oleh DPR.

    APBD