Sukses

Jokowi: Pengadaan Alutsista Harus Sesuai Kebutuhan

Jokowi menggelar rapat terbatas membahas rencana pembelian alat utama sistem pertahanan atau alutsista.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menggelar rapat terbatas membahas rencana pembelian alat utama sistem pertahanan atau alutsista. Jokowi menegaskan, pembelian alutsista ke depan harus sesuai dengan kebutuhan, bukan keinginan semata.

"Masukan-masukan dari seluruh matra, baik AL, AD, AU, Panglima TNI, Menhan, semuanya. Sehingga betul-betul yang kita beli yang kita rencanakan ini adalah memang sebuah kebutuhan, bukan keinginan-keinginan," ujar Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (20/7/2016).

Pengadaan alutsista ini untuk memenuhi kebutuhan minimun 2024. Jokowi ingin 2019 sudah terlihat perubahan modernisasi TNI sesuai dengan rencana.

Untuk TNI AD harus memiliki tank, heli serbu, dan peralatan infrantri khusus. Lalu, TNI AL harus dilengkapi dengan kapal selam, kapal perang, dan persenjataan sistem pengintaian maritim untuk pengamanan lokasi-lokasi berpotensi konflik.

Kemudian, TNI AU harus memenuhi kebutuhan seperti pesawat jet tempur, pesawat angkutan berat dan sistem pertahanan rudal serta sistem radar.

"Ingin saya sampaikan bahwa semuanya ini agar ada transparansi yang betul-betul terbuka," kata Jokowi.

Karena itu, dalam proses pembelian alutsista harus menggunakan UU Industri Pertahanan. Transfer teknologi kepada industri pertahanan nasional sudah menjadi kewajiban.

"Dahulukan arahnya ke sana. Sehingga pengembangan industri pertahanan nasional betul-betul pada kemandirian, pemenuhan kebutuhan alat pertahanan dan keamanan kita," pungkas Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Alutsista TNI adalah singkatan dari Alat Utama Sistem Senjata Tentara Nasional Indonesia.

    Alutsista TNI

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

Video Terkini