Sukses

JK Ingin Lulusan IPDN Kedepankan Inovasi dan Kreativitas

Jusuf Kalla menyebutkan Kota Bandung yang dipimpin Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dihadapan praja IPDN.

Liputan6.com, Jatinangor - Wakil Presiden Jusuf Kalla memberikan arahan dan kuliah umum kepada praja Institut Pemerintah Dalam Negeri (IPDN) yang baru saja lulus dan siap menjadi calon pamong praja muda, di Jatinangor, Jawa Barat.

Dalam kesempatan itu, pria yang kerap disapa JK tersebut meminta agar ribuan praja yang akan di wisuda Agustus nanti, jangan hanya mengurusi pemerintahan umum saja. Menurut dia, harus bisa segala bidang, dengan mengedepankan inovasi dan kreativitas.

"Sekarang itu, dibantu dengan teknologi. Sehingga bisa terjadi smart city ataupun smart village. Maka masa datang aparatur akan ramping, tidak akan segemuk ini. Karena dengan teknologi, semua ringkas," ucap JK di IPDN, Jatinangor, Jawa Barat, Senin (18/7/2016).

Dia pun mencontohkan, bagaimana Jepang dan Korea Selatan, bisa maju, walaupun tanpa sumber daya alam, bisa mengembangkan negaranya.

"Korea dan Jepang itu, tidak ada sumber daya alam, tapi bisa lebih maju. Kita dan Afrika punya sumber daya, tapi enggak maju. Kenapa mereka bisa maju? Karena semangat dan kreativitas dan inovasi," tutur JK.

Meski demikian, dia pun mencontohkan, ada beberapa di daerah mempunyai semangat melakukan kreativitas dan inovasi, walaupun tidak punya sumber daya alam.

Dia pun menyebut kota Bandung yang dipimpin Wali Kota Bandung Ridwan Kamil. "Ada daerah yang enggak punya sumber daya alam, tapi bisa maju. Itu lihat saja ada Bandung, kemudian ada Bantaeng, kan banyak," tandas JK.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.
    Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.

    Jusuf Kalla

  • IPDN

  • JK

Video Terkini