Sukses

Presiden Jokowi Beri Penghormatan Terakhir untuk Alex Litaay

Mengenakan batik lengan panjang hitam dipadu corak cokelat, Jokowi tiba sekitar pukul 19.57 WIB di Kantor Kementerian Luar Negeri.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menghadiri penghormatan terakhir terhadap Duta Besar ‎Indonesia untuk Kroasia, Alexander Litaay yang meninggal dunia di Zagreb, Kroasia, Minggu 26 Juni 2016.

Pantauan Liputan6.com di lokasi, Kamis (30/6/2016), jenazah Alexander Litaay disemayamkan di Gedung Pancasila, Kantor Kementerian Luar Negeri, Jalan Pejambon, Jakarta.

Mengenakan batik lengan panjang hitam dipadu corak cokelat, Jokowi tiba sekitar pukul 19.57 WIB di Kantor Kementerian Luar Negeri. Jokowi disambut oleh Wakil Menteri Luar Negeri Abdurrahman M. Fachir dan Kepala Protokoler Negara Andri Hadi. Jenazah Alex Litaay sendiri baru tiba di tempat persemayaman sekitar 5 menit setelah kedatangan Presiden.

Saat memberikan penghormatan terakhir, Presiden dan Ibu Iriana didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. Usai memberikan penghormatan terakhir, Presiden menemui pihak keluarga untuk menyampaikan duka cita.

Jenazah Alex Litaay rencananya akan dimakamkan di San Diego Hills pada hari Jumat 1 Juli 2016 esok sekitar pukul 14.00 WIB.

‎Berdasarkan keterangan Kemlu RI, Dubes Alex Litaay meninggal dunia pada Minggu pagi 26 Juni 2016 di Rumah Sakit Dubrava, Zagreb, Kroasia, karena penyakit jantung. Alex wafat dalam tugasnya sebagai Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh untuk Republik Kroasia.

Dubes Alex telah menderita sakit jantung dan stroke sejak 23 April 2016 dan berada dalam kondisi koma sejak 25 April 2016. Alex Litaay wafat dalam usia 68 tahun dan meninggalkan seorang istri serta 3 anak.

Alex Litaay adalah politikus PDIP kelahiran Ambon, Maluku, yang dilantik menjadi Dubes RI untuk Kroasia oleh Presiden Joko Widodo pada 13 Januari 2016.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.