Sukses

Target Ahok Pasca-Penggusuran Pasar Ikan Penjaringan

Pemerintah juga berencana membangun infrastruktur taman dan ruang interaksi publik.

Liputan6.com, Jakarta - Pemprov DKI Jakarta telah meratakan kawasan Pasar Ikan dan berencana membangun kawasan tersebut menjadi kawasan wisata bahari. Namun, meski telah menggusur warga, Pemprov DKI belum menyelesaikan rencana pemugaran Pasar Ikan dan kawasan di sekitarnya.

"Tim ahli cagar budaya hari ini baru meninjau, melihat sejauh mana kerusakan bangunan itu, komponen mana yang perlu dipugar. Mereka membahas, baru merekomendasikan ke Pak Gubernur," kata Kepala Museum Bahari Husnison Nizar saat dihubungi, Selasa (12/4/2016).

Saat ini, menurut Nizar, Pemprov baru berwacana membangun dan memugar kembali kawasan Pasar Ikan. Namun, untuk detail teknis, Pemprov belum memilikinya.

"Yang penting bangunan cagar budaya dipulihkan dulu. Yang tadinya sungai jadi sungai. Pasar ikan juga jadi dipugar, tadinya kan ditempati masyarakat," ujar pria yang kerap disapa Soni itu.


Soni menyatakan belum dapat menentukan rentang waktu pemugaran hingga rampung menjadi kawasan wisata bahari.

"Belum tahu persis berapa lama, harus lihat kerusakannya seperti apa. Kalau sudah ketahuan, nanti dilihat pembahasannya gimana, bentuk tim. Baru menghitung berapa hari kerja," katanya.

Bangun Plaza dan Taman Parkir

Targetnya, menurut Soni, tidak hanya mengembalikan kawasan Cagar Budaya Pasar Ikan seperti sediakala, namun pemerintah juga berencana membangun infrastruktur taman dan ruang interaksi publik

"Plaza akan jadi ruang terbuka, lokasi plaza secara pasti belum ditentukan. Begitu juga pengembang yang akan membangun saya enggak tahu,"jelasnya.

Selain Plaza, infrastruktur baru yang akan dibangun yaitu tanggul penahan air rob. Keberadaan  tanggul, nantinya dapat dimanfaatkan sebagai sarana transportasi bagi warga sekitar.

"Tanggul juga untuk menahan masuknya air ke kawasan Pasar Ikan,"jelasnya.

Menurutnya, untuk membangun kawasan wisata bahari, tidak hanya pasar ikan yang akan ditata melainkan juga kawasan di sekitarnya seperti Luar Batang dan Kampung Aquarium.

"Tidak mungkin hanya Pasar Ikan dirapikan, jadi nanti akses ke Masjid Luar Batang dipercantik juga. Itu kan satu kesatuan wisata ziarah dan wisata bahari," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini