Sukses

Alasan Gerindra Pilih Sandiaga Uno Ketimbang Emil di Pilkada DKI

Gerindra enggan mengusung Ridwan Kamil dan Yusril Ihza untuk maju di Pilkada DKI. Partai itu lebih memilih Sandiaga Uno. Ini alasannya.

Liputan6.com, Jakarta - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil telah mengumumkan untuk tidak maju dalam perebutan kursi DKI 1. Pria yang akrab disapa Kang Emil itu menolak diduga lantaran tak banyak memperoleh dukungan, salah satunya dari partai politik.

Meski nama Ridwan Kamil masuk dalam radar calon gubernur DKI, Gerindra enggan mengusung pria yang akrab disapa Kang Emil itu. Kemudian nama seperti Yusril Ihza Mahendra serta Adhyaksa Dault, juga ditolak. Partai berlambang burung garuda itu lebih memilih mengajukan nama Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra, Sandiaga Uno.

"Untuk Yusril Dan Adhiyaksa seperti akan sangat tertutup untuk bisa dicairkan oleh Gerindra. Sedangkan Ridwan Kamil memang cocok untuk mempimpin Jakarta, tapi kita mempunyai rencana lain untuk dia," ujar Waketum DPP Gerindra Arief Poyuono kepada Liputan6.com, Jakarta, Senin (29/2/2016).

Menurut Arief, ada sejumlah alasan partainya memilih Sandiaga Uno sebagai calon Gubernur. Pertama karena sang pengusaha itu merupakan kader partai. 

"Kemudian dari sisi kemampuan dari pengalamannya sebagai pengusaha muda yang sukses tidak diragukan lagi untuk memimpin Jakarta menjadi lebih enak dipandang mata," imbuh dia.

Dengan latar belakangnya sebagai pengusaha, Sandiaga dinilai akan lebih memprioritaskan masalah banjir dan macet di Ibu kota. Sebab jika masalah itu terselesaikan, tentu akan membawa dampak kebaikan bagi ekonomi nasional.

Karena itu, lanjut dia, keterlibatan Sandiaga Uno dalam mengurus ekonomi kerakyatan dalam bentuk pasar tradisional juga tidak diragukan, di mana saat ini menjadi ketua pedagang pasar tradisional.

"Dan dipastikan dia tidak akan semena-mena untuk melakukan sweeping terhadap pedagang grosir-grosir terkait barang-barang yang dijual. Karena dia mengerti betul, bagaimana sulitnya para pedagang grosir untuk mendapatkan produk-produknya agar mendapatkan stempel SNI. Sudah pasti dia mengerti cara mempermudah pengurusannya," jelas Arief.

Selain itu, lanjut Arief, di kalangan usahawan muda dan eksekutif muda juga menjadikan Sandiaga Uno sebagai idolanya. Lantara dia dipandang berhasil dalam menjalani bisnisnya.

"Jadi segala keunggulan Sandiaga Uno itu yang jadi pertimbangan Gerindra akan mencalonkannya sebagai Cagub Jakarta," ucap Arief.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini