Sukses

Kader PDIP Jabar Diminta Tiru Spirit Perjuangan Bung Karno

Ada banyak hal yang patut ditiru para kader PDIP atas apa yang telah dilakukan Bung Karno.

Liputan6.com, Bandung - Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto mengajak kader dan pengurus partainya di DPD PDIP Jawa Barat (Jabar) untuk meniru spirit perjuangan Bung Karno dan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

Menurut Hasto, ada banyak hal yang patut ditiru para kader atas apa yang telah dilakukan Bung Karno dan Megawati dalam berpolitik dan mengabdi pada bangsa ini. Bahkan, perjuangan kedua sosok panutan PDIP itu juga diperhitungkan di tingkat internasional.

Baik Bung Karno maupun Megawati, kata Hasto, menjadikan politik dan kekuasaan untuk menunjukkan keberpihakannya pada rakyat.

"Saya masih ingat saat itu Ibu Megawati cerita bagaimana saat beliau menjadi anggota Komisi IV DPR. Saat itu daerah Karawang, Jabar, akan dijadikan daerah industri. Padahal zaman Belanda saja dijadikan basis pangan. Maka saat itu Ibu Mega melakukan suatu gerakan untuk melakukan perlawanan," kata Hasto dihadapan ribuan kader PDIP saat pembukaan Rakerda DPD PDIP Jabar, Bandung, Selasa (23/2/2016). 

Saat itu, beber Hasto, Megawati sudah melakukan perlawanan untuk menolak kawasan Karawang dijadikan basis industri karena memang Karawang adalah basis produksi pangan.

"Tetapi apa daya. Kekuatan Orde Baru begitu mengekang," ujar dia.

Hasto menjelaskan, sebagai pemimpin apa yang dilakukan Bung Karno dan Megawati juga patut ditiru karena selalu melihat, mendengar, dan terjun langsung ke rakyat kecil. Bung Karno, kata dia, kerap masuk ke pelosok dan turun ke sawah-sawah hingga bertemu seorang petani bernama Marhaen yang kemudian menginspirasi Bung Karno tentang marhaenisme.

Demikian halnya Megawati, saat berjuang di bawah rezim otoriter, tanpa lelah dan takut turun ke pelosok untuk mengorganisir kekuatan rakyat.

Karena itu, Megawati selalu menekankan agar dalam berpartai mereka yang ada di jajaran Pimpinan Anak Cabang (PAC) dan Ranting untuk benar-benar didengarkan aspirasinya. Sebab, mereka bersentuhan langsung dengan rakyat.

"PAC dan Ranting harus dapat penguatan karena mereka lah esensi kekuatan partai. Dan itu kita lakukan dalam protokoler pembukaan acara partai bahwa yang berhak membacakan dedication of life adalah mereka dari PAC dan ranting partai," jelas Hasto.

Dalam Rakerda DPD PDIP Jabar tersebut, selain dihadiri seluruh jajaran teras partai yakni Ketua DPD PDIP TB Hasanuddin, Bendahara Waras Wasisto, hadir juga beberapa jajaran DPP seperti Andreas Hugo Pareira dan Komaruddin Watubun.

Adapun tamu undangan yang hadir di antaranya Gubernur Jabar Ahmad Heryawan serta pimpinan partai seperti dari PKS, PAN, Nasdem, dan Hanura.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini