Sukses

Kemenhub: Arus Balik Mulai Terlihat, Tapi Tidak Signifikan

Kemenhub mengimbau warga Jakarta untuk tidak balik ke Ibu Kota secara serempak pada Minggu 3 Januari 2016 besok.

Liputan6.com, Jakarta - Arus balik usai liburan Tahun Baru 2016 di Tol Palikanci, Cipali, serta Cikampek masih tergolong sepi dan lancar. Menurut Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan J.A. Barata, pihaknya mulai melihat ada peningkatan arus balik kendaraan yang menuju Jakarta, tapi tidak signifikan.

"Tol Cipali, Cikampek lancar dan belum ramai. Meskipun berangsur-angsur ada peningkatan arus kendaraan," ujar Barata kepada Liputan6.com, di Jakarta, Sabtu (2/1/2016).

Melihat hal tersebut, Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Perhubungan Darat Sugihardjo mengimbau warga untuk tidak balik ke Jakarta secara serempak pada Minggu 3 Januari besok.

"Karena itu ada imbauan dari Pelaksana Tugas (Plt) Darat, agar hari ini warga bisa pulang. Di mana biar besok tidak ada penumpukan," jelas Barata.

Barata pun tidak menampik imbauan Kapolda Metro Jaya Irjen Tito Karnavian yang akan memberlakukan contra flow atau sistem pengaturan lalu lintas yang mengubah arah normal arus kendaraan pada suatu jalan raya.

"Ya nanti kalau penuh, akan diberlakukan hal itu. Kita Kemenhub mengikuti saja," tegas Barata.

Prediksi Arus Balik

Barata sebelumnya mengatakan, kemungkinan besar puncak arus balik akan terjadi nanti malam. "Hari ini masih dalam keadaan kosong. Kemungkinan besar nanti malam," ujar dia.

Barata juga menyampaikan pihaknya akan mengantisipasi semaksimal mungkin. Menurut dia, hal yang susah diprediksi adalah pergerakan dari kendaraan pribadi.

"Namanya angkutan pribadi, kita tidak bisa prediksi waktunya. Takutnya datang 'serbuan' secara serempak nantinya," tutur Barata.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini