Sukses

Anggota MKD Ahmad Bakri: Setnov Langgar Etik, Sanksi Sedang

Politikus A. Bakrie menilai Novanto berupaya untuk menutupi fakta sebenarnya yang menyeruak ke publik.

Liputan6.com, Jakarta - Berbagai pandangan disampaikan masing-masing anggota Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) dalam sidang etik Setya Novanto. Lalu, bagaimana pandangan kolega Setya Novanto, A Bakri, terkait dugaan pelanggaran etik yang dilakukan Ketua DPR tersebut?

"Mengadili Saudara Setya Novanto bagai mengadili diri sendiri," kata Politikus Fraksi PAN ini dalam penyampaian pandangannya, di persidangan MKD, DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (16/12/2015).

"Saudara Setya Novanto kolega saya, sama-sama anggota dewan, dan sama-sama dipanggil yang terhormat," Bakri menambahkan.

Dia juga menyinggung bahwa persidangan dengan Teradu Setya Novanto adalah bukan pertama digelar. Novanto pernah juga didudukan di kursi persidangan terkait pertemuan dia dengan Calon Presiden AS Donald Trump beberapa waktu lalu.

Meski demikian, politikus asal Jambi ini menilai Novanto berupaya untuk menutupi fakta sebenarnya yang menyeruak ke publik. Juga membantah pembicaran yang direkam oleh Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin.

"Menurut pendapat saya, apa yang dilakukan Setya Novanto tidak patut dan di luar kewenangan yang disandangnya," kata Bakri.

Berdasarkan keterangan yang didapat di persidangan, Bakri memberikan pandangan bila Novanto melakukan pelanggaran etik sedang.

"Sanksinya pemberhentian dari jabatan Ketua DPR RI," kata Bakri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini