Sukses

Menko Puan Pimpin Rapat Siaga Banjir dan Longsor

Rakor ini diadakan untuk mencegah timbulnya korban jiwa yang lebih besar akibat banjir dan tanah longsor.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) menggelar Rapat Koordinasi Siaga Darurat Banjir dan Tanah Longsor. Rakor ini dipimpin langsung oleh Menko PMK Puan Maharani.

"Kami gelar rapat koordinasi untuk antisipasi terjadinya banjir dan longsor," ujar Puan di Kantor Kemenko PMK, Jakarta Pusat, Jumat (13/11/2015).

Kata Puan, Rakor ini diadakan untuk mencegah timbulnya korban jiwa yang lebih besar akibat banjir dan tanah longsor. Mengingat, Indonesia saat ini sudah memasuki musim penghujan.

Berdasarkan pengalaman soal banjir dan tanah longsor pada tahun-tahun sebelumnya, kata Puan, pemerintah harus lebih serius menangani kedua masalah tersebut. Sebab, banjir dan tanah longsor sudah pasti berdampak buruk kepada masyarakat.

‎Puan membeberkan data yang dia miliki, bahwa awal tahun ini saja ada ratusan peristiwa banjir dan titik rawan longsor.

"Awal 2015, terjadi 375 peristiwa banjir dan 402 titik rawan longsor," ujar Puan.

‎Namun demikian, Rakor tersebut harusnya dihadiri oleh kementerian yang dibawahi oleh Kemenko PMK. Namun tidak terlihat sama sekali menteri yang datang ke rapat koordinasi tentang Siaga Darurat Banjir dan Tanah Longsor.

Rakor itu pun hanya dihadiri Kepala Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Andi Eka Sakya dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Willem Rampangilei. (Nil/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Puan Maharani merupakan anak ketiga Megawati atau anak pertama Megawati dari suaminya Taufiq Kiemas
    Puan Maharani merupakan anak ketiga Megawati atau anak pertama Megawati dari suaminya Taufiq Kiemas

    Puan Maharani

  • Longsor atau disebut gerakan tanah, adalah suatu peristiwa geologi yang terjadi, karena pergerakan masa batuan atau tanah.

    longsor

  • Bajir

Video Terkini