Sukses

Ribuan Burung Migran 'Serbu' Bandara Adisutjipto

Banyak dari mereka tertabrak pesawat, namun tak mengganggu penerbangan.

Liputan6.com, Yogyakarta - Ribuan burung Bangau menyerbu lapangan udara Adisutjipto, Yogyakarta, sejak Rabu, 11 November 2015. Bahkan sampai hari ini puluhan burung yang biasa disebut kuntul putih itu masih berada di landasan udara.

Kepala Penerangan dan Perpustakaan (Kapentak) Lanud Adisutjipto Mayor Sus Hamdi Londong menceritakan, burung-burung yang sedang migrasi ini memenuhi bandara bahkan hingga ke landasan pacu pesawat.

"Ya itu dari kemarin siang sekitar pukul 1 sampai sekarang bandara masih bersihin burung. Kalau kemarin ratusan ya kalau sekarang ya sekitar puluhan," ujar Londong kepada Liputan6.com di Yogyakarta, Kamis (12/11/2015).

Londong mengatakan, burung-burung itu banyak yang akhirnya tertabrak pesawat karena 'nongkrong' di landasan pacu.

"Mereka itu posisinya di landasan mereka nongkrong ada yang ketabrak pesawat. Jumlahnya kalau dihitung mendekati ribuan," kata dia.

Meski begitu, Londong memastikan keberadaan burung bangau itu tidak mengganggu penerbangan pesawat.

"Kalau mengganggu nggak ya, karena setiap ada pesawat mau landing dihalau dulu. Jadi kami keluarkan sirine untuk mengusir burung lalu dengan menggunakan mobil dari barat ke timur lalu dari timur ke barat," ujar Londong. (Nil/Mut)*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.