Sukses

6 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Sepatu Lari

Liputan6.com, Jakarta Bukan hanya fashion atau smartphone yang terus mengikuti trend. Tetapi, olahraga pun sudah menjadi salah satu trend saat ini. Banyak anak muda yang gemar berolahraga terutama olahraga lari, bahkan lari merupakan salah satu olahraga yang populer di Jakarta. Berbagai perlengkapan pun disiapkan agar olahraga lari semakin optimal, salah satunya dengan mempersiapkan sepatu.

Sepatu menjadi hal penting untuk melakukan olahraga, terutama untuk lari. Selain untuk penampilan, perlengkapan ini juga penting untuk alas kaki, sehingga beberapa hal harus diperhatikan untuk memilih sepatu lari.

1. Tipe Pronasi Telapak Kaki
Pronasi merupakan gerakan telapak kaki saat berlari. Tipe pronasi sendiri dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu sub pronasi (melengkung) dan over pronasi (gerakan kaki berayun). Setiap tipe pronasi memiliki gerakan yang berbeda, sehingga tipe sepatu yang dibutuhkan juga berbeda. Selain itu, kontur pada permukaan sol sepatu juga harus pas dengan permukaan kaki agar beban pada kaki menyebar rata.

2. Bahan Peredam
Peredam merupakan hal penting yang harus diperhatikan. Karena saat berlari ada tegangan impuls yang cukup besar pada kaki. Semakin lama berlari, makin besar pula tegangannya. Jika terjadi terus-menerus bisa mengakibatkan cedera pada kaki kamu, maka pilihlah sepatu yang memiliki bahan peredam.

3. Berat Sepatu
Tentunya kamu tahu jika semakin ringan bobot sepatu, maka semakin cepat pula kamu bisa berlari. Tetapi idealnya sepatu dengan berat yang tergolong ringan, akan cocok untuk berlari jarak dekat sekitar 5 km. Jadi, kamu pun bisa menyesuaikannya sendiri sesuai kebutuhan.

4. Kelenturan Sepatu
Jika sepatu kurang lentur, maka banyak energi gerak yang terserap sehingga bisa memperlambat lari. Untuk melihat tingkat kelenturan, bisa dilakukan dengan menekuk sepatu. Jika semakin kuat sepatu menghentak balik, berarti tingkat kelenturan sepatu semakin tinggi.

5. Ventilasi
Suhu dalam sepatu bisa berada di atas batas normal karena aktivitas dan tanggungan beban pada kaki. Jadi, lebih baik jika ventilasi dalam sepatu kamu disesuaikan dengan aktivitas berlari yang kamu lakukan.

6. Pilihlah Toko yang Terpercaya
Selain itu, kualitas sepatu tentunya menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan, sehingga pilihlah toko yang sudah terpercaya untuk membeli sepatu yang berkualitas. Kamu pun bisa membelinya di bukalapak.com. Tidak hanya mudah untuk diakses, bukalapak.com pun menjual sepatu lari dengan kualitas yang menjanjikan.

Yuk, olahraga dengan sepatu lari yang nyaman dan berkualitas dengan mudah di bukalapak!

 

(Adv)

Bus Tabrak Jurang di Makedonia, 13 Tewas

Tutup Video