Sukses

6.000 Rumah Terendam Banjir di Medan

Sebanyak 450 jiwa mengungsi di halaman masjid Al-Musadiqin, Medan Johor.

Liputan6.com, Jakarta - Banjir melanda Kota Medan, Sumatera Utara akibat hujan deras pada Senin (19/10/2015) pukul 03.00 WIB. Banjir melanda 6 kecamatan di Kota Medan yaitu Medan Baru, Medan Selayang, Medan Johor, Medan Petisah, Medan Polonia, dan Medan Marelan.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, banjir di Medan tersebut terjadi saat sebagian besar wilayah Indonesia kekeringan dan kebakaran hutan dan lahan.

Dia mengatakan, tidak ada korban jiwa akibat banjir. Namun, 450 jiwa mengungsi di halaman masjid Al-Musadiqin, Medan Johor.

"Kerugian material, kurang lebih 6.000 unit rumah terendam dengan tinggi muka air 1–2 meter," kata Sutopo dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.

Dia menerangkan, saat ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan telah melakukan evakuasi, pendataan, dan memberikan bantuan logistik berupa makanan siap saji.

"Banjir sudah berangsur surut," tandas Sutopo. (Mvi/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini