Sukses

Mendikbud Pastikan Anak di Daerah Bencana Asap Bisa Ikut UN

Anies Baswedan memastikan anak-anak yang berada di wilayah bencana asap tetap dapat mengikuti Ujian Nasional (UN).

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan memastikan anak-anak yang berada di wilayah bencana asap tetap dapat mengikuti Ujian Nasional (UN). Anies menjamin pelaksanaan UN di daerah itupun tak akan ditunda.

"Jika sekolah di atas 29 hari masa libur akan ada penyesuaian ulang kalender akademik termasuk juga jadwal ujian," kata Anies di kantornya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Senin (19/10/2015).

Namun, kata dia, sejauh ini belum ada sekolah yang libur di atas 29 hari. Sehingga, tak perlu ada penyesuaian kalender akademik.

Sementara, masalah ketertinggalan pelajaran karena peserta didik di wilayah bencana asap tak dapat bersekolah, kata Anies, mereka dapat melakukan tambahan jam pelajaran. "Waktu (belajar mengajar tambahan) ada yang Sabtu, Minggu ada yang sore hari tergantung kebutuhan," ujar dia.

Menurut penggagas Program Indonesia Mengajar ini, sudah menjadi kewajiban kementeriannya tidak membiarkan anak-anak di daerah yang terkena asap ketinggalan pelajaran.

"Kita monitor terus dengan daerah jadi begitu kondisi asap membaik maka usaha untuk mengejar ketertinggalan," tegas Anies.

Beberapa provinsi yang sudah lama terpapar kabut asap diantaranya Sumatra Selatan, Jambi, Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan. Tapi kini Papua dan Maluku pun terkena bencana asap.

Akibatnya, seluruh sekolah di provinsi-provinsi itu kerap diliburkan. (Nil/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini