Sukses

Bertopi Snapcap ala Anak Distro, Jokowi Panen Padi Karawang

Cuaca panas tidak menyurutkan langkah Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi mengunjungi Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Kedatangannya untuk meninjau panen padi varietas baru yaitu, IPB 3S dan IPB 4S di  Desa Cikarang, Kecamatan Cimalaya Wetan.

Cuaca panas tidak menyurutkan langkah Jokowi menjelajah sawah untuk memanen padi bersama para petani dan beberapa akademisi Institut Pertanian Bogor (IPB).
‎
Pantauan Liputan6.com, Minggu (27/9/2015), Jokowi yang datang dengan menumpang helikopter TNI AU bersama dengan Ibu Negara Iriana itu terlihat mengenakan kemeja putih‎ lengan panjang serta celana warna hitam. Tak ketinggalan topi ‎snapcap merah bertuliskan +62 (kode telepon negara Indonesia).

(Luqman Rimadi/Liputan6.com)

 Topi jenis ini seperti diketahui tengah ramai digandrungi anak muda belakangan ini. Ayah 3 anak itu pun langsung masuk ke area sawah dengan ditemani ‎Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Kepala Bulog Djarot Kesumayakti, Menteri Desa PDTT Marwan Jafar. Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar, dan Rektor IPB Hery Suhardiyanto.‎

Sementara Iriana menunggu di tepian sawah, Jokowi mendengarkan pemaparan tentang varietas baru ini.

Jenis padi varietas baru yang dipanen yakni IPB 3S yang merupakan hasil penelitian IPB. Varietas ini memiliki produktivitas ubinan 13,4 ton per hektare dan gabah kering panennya setara 9,4 ton per hektare.
‎
Ada juga jenis Inpari 10 yang tahan kekeringan, varietas Inpari 30 tahan genangan air dan Inpari 32 tahan HDB. Varietas ini merupakan hasil penelitian Badan Litbang Pertanian.

Selama di tengah sawah, Jokowi sempat melihat pengoperasian mesin traktor pemanen padi dan penanam bibit padi. Mertua Sellvi Ananda itu pun sempat terlihat beberapa kali berbicara dan terlihat seperti memberi instruksi kepada Menteri Pertania Amran Sulaiman dan Rektor IPB Herry Suhardiyanto saat menyaksikan panen varietas padi baru itu. ‎ (Ndy/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini