Sukses

Ini Calon Pimpinan KPK Pilihan Partai Demokrat

Pemilihan nama-nama itu melalui kuisioner yang dibagikan kepada peserta diskusi.

Liputan6.com, Jakarta - Panitia Seleksi (Pansel) telah menyerah‎kan 8 nama calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ke Presiden Jokowi. Nama-nama itu kemudian diteruskan ke Komisi III DPR untuk selanjutnya mengikuti fit and proper test.

Dalam diskusi 'Mencari Sosok Ideal Pimpinan KPK' yang diselenggarakan DPP Partai Demokrat,, dari 8 nama itu terpilih beberapa nama yang dianggap layak memimpin KPK. Pemilihan nama dilakukan melalui kuisioner yang dibagikan kepada peserta diskusi.

"Kita umumkan nama yang layak memimpin KPK ‎dengan baik," kata moderator diskusi Jansen Sitindoan di lokasi diskusi, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (15/9/2015).

Nama-nama yang terpilih adalah Johan Budi SP, Busyro Muqoddas, La Ode Muhammad Syarief, Agus Raharjo, Basaria Panjaitan, dan Saud Situmorang. "Lima nama ini akan dibawa oleh Fraksi Demokrat ke Komisi III DPR sebagai masukan," ucap Jansen.

Presiden Joko Widodo sebelumnya mengumumkan 8 nama calon pimpinan KPK yang dinyatakan lolos tes wawancara Pansel beberapa waktu lalu.‎ Mereka adalah Saud Situmorang, staf ahli Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) dan Surya Chandra, dosen Unika Atmajaya untuk bidang pencegahan.

Kemudian bidang penindakan: Alexander Marwata, hakim ad hoc Pengadilan Tipikor Jakarta, Basariah Panjaitan, dan Widyaiswara Sespimti Lemdik Polri.

Selanjutnya untuk bidang manajemen: Agus Raharjo, mantan Kepala LKPP dan Sujanarko, Direktur Pembinaan Jaringan kerjasama KPK. Untuk bidang supervisi, koordinasi dan monitoring terpilih Johan Budi, Plt Pimpinan KPK, dan La Ode Muhammad Syarief, dosen Universitas Hassanuddin Makassar.

Nantinya, DPR hanya akan memilih 4 nama‎ plus 1 nama dari 2 capim lain yang sudah lebih dulu ikut seleksi pada tahun lalu, yakni Busyro Muqoddas dan Robi Arya Brata. (Ali/Sun)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini