Sukses

Mantan Presiden Timor Leste Xanana Gusmao Sambangi Rizal Ramli

Rizal mengaku sangat senang dengan kedatangan Xanana di rumahnya. Apalagi di masa lalu, mereka berdua pernah merasakan dinginnya penjara.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Kemaritiman Rizal Ramli, kedatangan tamu spesial pada Minggu siang ini. Sang tamu adalah mantan Presiden dan Perdana Menteri Timor Leste, Xanana Gusmao.

Mantan tokoh pro-kemerdekaan Timor-Timur itu datang bersama Menteri Pertanian Kehutanan Timor Leste Mariano Sabino. Keduanya tiba di kediaman Rizal di Jalan Bangka IX, Jakarta Selatan, pukul 12.20 WIB. Xanana langsung disambut baik oleh Rizal.

"Pak Xanana ini adalah teman baik saya, ini foto saya dengan beliau pada 2008," ucap Rizal, Minggu (23/8/2015).

Rizal mengaku sangat senang dengan kedatangan Xanana di rumahnya. Apalagi di masa lalu, mereka berdua pernah merasakan dinginnya penjara.

"Dulu Pak Xanana pernah belajar di universtitas tertutup di Cipinang," ucap Rizal yang langsung disambut tawa Xanana.

"Kalau saya sekolahnya di Universitas Tertutup Sukamiskin," lanjut Rizal. Karena itu, ujar Rizal, dia dan Xanana punya kesamaan, yakni sama-sama pejuang demokrasi di negara masing-masing. Rizal pernah dibui di LP Sukamiskin Bandung saat menjadi aktivis mahasiswa ITB terkait protes anti-Orde Baru.

Setelah bertegur sapa dan memberikan keterangan, Xanana dan Rizal masuk ke dalam rumah dan  melakukan pertemuan tertutup.

Menurut keterangan tertulis Kementerian Kemaritiman, pertemuan Rizal dengan Xanana untuk memperkuat kerja sama antara Timor Leste dan Indonesia, terutama di bidang kelautan dan perikanan. (Sun/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini