Sukses

Xanana Gusmao Rencanakan Mundur dari Kursi PM Timor Leste

Rencananya Xanana meletakan jabatan tersebut beberapa hari kedepan.

Liputan6.com, Dili - Pejuang kemerdekaan serta salah satu orang paling berpengaruh di Timor Leste, Xanana Gusmao menyatakan akan segera mundur dari jabatan Perdana Menteri (PM). Rencananya Xanana meletakan jabatan tersebut sekira beberapa hari ke depan.

Hal ini sudah disampaikan Xanana kepada 53 anggota pemerintahan Timor Leste dalam rapat terbatas di Ibu Kota Timor Leste. Dalam pertemuan itu, Xanana menegaskan dukungannya kepada pemerintahan baru Timor Leste tidak akan berubah.

Kabar mengenai penguduran diri dari Xanana sudah berhembus kencang sejak tahun lalu. Tapi, keinginannya ini tertunda akibat pekerjaannya yang menumpuk termasuk dengan diikutsertakannya Xanana ke tim restrukturisasi pemerintah.

Pemerintah Timor Leste menanggapi rencana pengunduran diri pria 68 tahun itu segera bertindak. Mereka menyatakan pemerintahan sementara Timor Leste di segera terbentuk pekan depan. Demikian dilansir dari Sydney Morning Herald, Kamis (29/1/2015).

Meski dipastikan mengundurkan diri, rencana tersebut belum disampaikan Xanana kepada Presiden Timor Leste Taur Matan Ruak. Namun, sumber dekat Xanana mengatakan eks geriliawan ini akan mengutarakan pengunduran dirinya kepada Presiden Taur Matan Ruak sesegera mungkin.

Walau belum resmi mundur, beberapa nama telah digosipkan siap menduduki posisi PM. Namun nama yang paling santer terdengar adalah Rui Araujo.

Araujo bukan orang sembarangan di pemerintahan dan politik Timor Leste. Ia dikenal sebagai anggota Partai Oposisi Fretilin dan mantan Menteri Kesehatan.

Tapi Araujo harus sedikit bersabar. Sebab, Pemerintah Timor Leste memutuskan akan mengumumkan nama PM barunya pada 6 Febuari 2015. (Mut)

 
 
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.