Sukses

Ketua HDCI: Moge Langgar Aturan, Foto Orangnya Lalu Laporkan

HDCI menegaskan akan menindak anggotanya yang melanggar aturan.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) sekaligus juga Ketua Umum Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) Komjen Pol Purn Nanan Sukarna menegaskan akan bertanggung jawab terkait peristiwa pengendara motor gede (Moge) yang dihadang pengendara sepeda di Condongcatur, Sleman, Yogyakarta.

"Kami pastinya akan bertanggung jawab dengan apa yang terjadi. Pada prinsipnya kami akan ‎mempertanggungjawabkan. Prinsipnya ini bukan mau ngeles ya, kita mau mempertanggungjawabkan," kata Nanan di Jakarta Selatan, Minggu (12/8/2015).

Nanan menjelaskan, pihaknya tidak akan pandang bulu atau segan-segan untuk mencopot keanggotaan bikers yang ketahuan atau kedapatan melanggar peraturan di jalan.

"Apakah dia itu melanggar perdata atau pidana akan kita tindak itu. Apalagi kalau sampai mukul, pidana itu, yang buat jelek organisasi bisa dicabut keanggotaannya," beber Nanan.

Selain itu, pihaknya juga akan konsisten menjalankan aturan yaitu dengan meminta warga melaporkan kepada polisi jika menemukan pengendara motor gede melanggar lalu lintas saat di jalan.

"Foto orangnya, kemudian laporkan. Kita siap bertanggung jawab," tegas dia.

Mantan Wakapolri meminta masyarakat tidak menyalahkan anggota polisi yang tengah bertugas saat itu. Karena, saat ribuan rombongan moge melintas di Condongcatur, Sleman, DI Yogyakarta tersebut telah memiliki izin untuk konvoi.

"Kami miliki izin, jangan salahkan polisi. Mereka hanya membantu dan melakukan tugas. Ada undang-undangnya jelas dan konvoi boleh melintas. Kalau kami salah, kami akan tanggung jawab," tandas Nanan. (Ali/Dan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini