Sukses

Jokowi Akan Resmikan Gedung Pameran Terbesar Se-Asia

Dengan luas 117 ribu meter persegi dilengkapi 10 hall tanpa tiang, ICE menjadi venue terbesar di Asia.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi menyampaikan kesediaannya untuk menghadiri Rembuk Kreatif Nasional I Tahun 2015, yang akan diselenggarakan bersamaan dengan peresmian venue Indonesia Convention Exhibition (ICE), di Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang Selatan, Banten, awal Agustus 2015.

Kesediaan tersebut disampaikan Presiden Jokowi saat menerima Panitia Acara Rembuk Nasional yang dipimpin oleh Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bek) Triawan Munaf dan Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Rudiantara di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (24/7/2015).

"Sangat menyambut. Baik sekali sambutannya karena kita memerlukan venue internasional seperti ini," kata Triawan usai menyampaikan laporan rencana penyelenggaraan Rembuk Nasional itu.

Triawan menjelaskan, ICE yang dimiliki oleh Group Perusahaan Kompas dan Sinar Mas merupakan tempat yang baik untuk memamerkan karya-karya anak bangsa yang bergerak dalam bidang industri kreatif.

Ia menyebutkan, dengan luas 117 ribu meter persegi dilengkapi 10 hall tanpa tiang, maka ICE menjadi venue terbesar di Asia, sekaligus menjawab keluhan mengenai kebutuhan venue yang besar untuk memamerkan karya anak bangsa.

"Selama ini kita terlalu berkonsentrasi di Jakarta sehingga pameran-pameran itu sangat menyebabkan kemacetan di Jakarta. Sekarang venue-venue besar harus di luar kota yang dilengkapi dengan transportasi yang memadai, sehingga bisa disentralisasi dari kota Jakarta," ujar ayah kandung penyanyi Sherina Munaf itu.

Selanjutnya: Dialog dengan Jokowi

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dialog dengan Jokowi

Dialog dengan Jokowi

Menurut Triawan, Presiden Jokowi dijadwalkan akan melakukan dialog langsung dengan sekitar 100-150 pelaku ekonomi kreatif. Selain itu, Presiden Jokowi juga akan membuka acara 'Investors meet Investor' dan grand opening ICE yang dijadwalkan 4 Agustus 2015.

"Selama ini inovator jauh dari investor, ada jarak. Sekarang kita akan mempertemukan mereka di venue ini. Pada saat yang sama, kita juga akan memproklamirkan kegiatan Badan Ekonomi Kreatif yang kelembagaannya baru saja selesai," ucap Triawan.

Dalam pameran ekonomi kreatif bertema 'Dari Indonesia untuk Dunia' yang digelar dalam acara Rembuk Kreatif Nasional itu, ditampilkan sejumlah keunggulan karya kreatif Indonesia, seperti: Aplikasi ICT, Smart Home, SmartCity, Pondasi Tahan Gempa, Drone, Multifuel Engine, Robotic, Karya Foto, Karya Arsitektur, Handicraft, Kerajinan Batu Mulia, Indonesia e-commerce, dan lain-lain.

Sementara itu Menkominfo Rudiantara mengingatkan, perekonomian Indonesia di masa mendatang akan banyak menggunakan sistem yang serba digital.

"Nanti di sana akan banyak start up company maupun UKM maupun yang sudah establish dari sisi e-commerce. Ini juga merupakan ajang pertemuan antara inventor start up company dengan investor," ujar dia.

Selain itu, kata Rudiantara, akan banyak aplikasi karya anak bangsa seperti messaging system maupun media sosial, seperti Sebangsa, Emass, dan lain sebagainya. Juga aplikasi yang diberikan kepada nelayan, seperti mFish.

"Jadi banyak aplikasi-aplikasi di sana," ujar Rudiantara.

Menkominfo menambahkan, dari sisi makro Presiden Jokowi menyampaikan, ekonomi di dunia ini pertama ekonomi pertanian, kemudian ekonomi industri ratusan tahun. Sekarang sudah beralih lagi ke ekonomi kreatif dan ekonomi digital.

"Inilah yang harus kita siapkan. Di situlah peran Badan Ekonomi Kreatif menggalang itu semua agar ada di Indonesia," pungkas Rudiantara. (Mvi/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Ekonomi kreatif adalah sebuah konsep di era ekonomi baru yang lahir dari ide-ide SDM yang kreatif.

    ekonomi kreatif

Video Terkini