Sukses

Militer AS: Komandan Bomber Bunuh Diri ISIS Tewas

Departemen Keuangan AS bahkan menempatkan Tariq bin al-Tahar bin al-Falih al-Awni al-Harzi ke dalam daftar teroris global.

Liputan6.com, Aleppo - Anggota senior kelompok radikal ISIS dilaporkan tewas dalam serangan pesawat tak berawak Amerika Serikat di Suriah. Militer di negeri pimpinan Barack Obama itu mengatakan, petinggi ISIS tersebut meregang nyawa bulan lalu.

"Ia tewas dalam serangan pesawat tak berawak di IS kubu Mosul di Irak utara," kata militer AS seperti dikutip dari BBC, Sabtu (4/7/2015).
 
Pemerintah Amerika menawarkan hadiah uang US$3 juta atau sekitar Rp 40 miliar, kepada siapa pun yang bisa menangkap Tariq bin al-Tahar bin al-Falih al-Awni al-Harzi yang mendapat julukan 'emir of suicide bombers' (komandan para pengebom bunuh diri) ISIS.

Departemen Keuangan AS bahkan menempatkan al-Harzi ke dalam daftar teroris global. Namun sejauh ini ISIS belum berkomentar atas kematian tersebut.

Menurut militer AS, Al-Harzi diperkirakan tewas di kota Shaddadi, di Suriah timur laut, pada 16 Juni lalu. Selama ini, Al-Harzi berperan membantu para pejuang asing dari Inggris, Albania, dan Denmark yang akan bergabung dengan ISIS. Ia juga membantu mendapatkan sumbangan dana, antara lain dari seorang donatur tunggal senilai US$2 juta dari Qatar.

Al-Harzi juga bertanggung jawab memindahkan persenjataan dari Libya ke Suriah dan merancang aksi-aksi serangan bunuh diri ISIS.
 
Juru bicara Kementerian Pertahanan Amerika Serikat, Kapten Jeff Davis mengatakan, tewasnya Al-Harzi adalah pukulan telak bagi ISIS. "Kematiannya akan berdampak pada kemampuan ISIS merekrut para pejuang asing ke Suriah," kata Davis. (Tnt/Sun)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.