Sukses

Gempa Nepal, Luluhlantakan 4 Situs dari 7 Situs Warisan Budaya

Gempa telah meluluhlantakkan sejarah rakyat Nepal berabad-abad lamanya. Dari 7 situs warisan budaya, 4 rusak parah.

Liputan6.com, Nepal - Detik detik gempa berkekuatan 8,1 skala Richter (SR) yang mengguncang Nepal pada 25 April lalu terekam sejumlah kamera pengintai di salah satu rumah warga dan hotel di Kathmandu.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Kamis (30/4/2015), penghuni hotel terlihat panik dan berusaha keluar menyelamatkan diri.

Gempa telah meluluhlantakkan sejarah rakyat Nepal berabad-abad lamanya. Dari 7 situs warisan budaya, 4 rusak parah. 3 di antaranya adalah Lapangan Durbar yang dibangun di masa periode Malla, sebelum negara Nepal modern berdiri.

Bahkan Bhaktapur dan Patan Durbar Square, tempat favorit bagi para turis saat berkunjung ke Nepal, ikut ambruk. Sejauh ini jumlah korban tewas sudah mencapai 5.000 jiwa.

Sebelum gempa menguncang Nepal, situs-situs yang berada di pusat kota di lembah Kathmandu di masa periode Malla pada abad ke-18 menjadi salah satu tujuan wisatawan asing. Sebagian besar turis memilih Nepal sebagai tujuan wisata.

Sekarang mereka tidak perlu khawatir, negara ini aman bagi wisatawan untuk 100 tahun ke depan, karena sejarah menyebutkan kecenderungan gempa datang dalam rentang waktu hampir 90 hingga 100 tahun. Gempa pada 1934 adalah yang paling mematikan sepanjang era modern. Sekitar 17.000 orang tewas di Nepal dan India. (Mar/Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.